Search

Pertemuan Mendag dengan Presiden Eksekutif Saudi Food and Drug Authority (SFDA)

  Dengarkan Berita Ini


Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan melakukan pertemuan dengan Presiden Eksekutif Saudi Food and Drug Authority (SFDA), Hisham bin Saad Al-Jadhey di Riyadh, Arab Saudi, Selasa (23 Jan). Pertemuan tersebut merupakan bagian dari kegiatan misi dagang ke Arab Saudi yang dilaksanakan pada 21—23 Januari 2022.

Kedua pihak membahas tentang sejumlah hal mengenai ekspor produk Indonesia, khususnya di sektor pertanian, perikanan, serta industri makanan dan minuman (mamin) olahan ke Arab Saudi.

Mendag RI menyampaikan agar SFDA dapat memberikan fasilitas dan kemudahan untuk akses produk-produk Indonesia masuk ke pasar Arab Saudi, antara lain produk pangan olahan, produk perikanan, khususnya ikan budi daya, produk unggas dan daging, serta mempercepat penyelesaian pembahasan kerja sama tentang jaminan kualitas produk halal.

Mendag RI juga meminta kepada SFDA untuk segera melakukan pertemuan di tingkat teknis guna mempercepat proses registrasi produk-produk Indonesia dan segera menyelesaikan pembahasan kerja sama di bidang halal, sehingga produk-produk Indonesia, khususnya produk di sektor pertanian dan perikanan Indonesia dapat segera diterima di pasar Arab Saudi.

Turut mendampingi Mendag yaitu Duta Besar Republik Indonesia Riyadh, Abdul Aziz Ahmad; Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Djatmiko Bris Witjaksono; dan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi.