Search

Pengukuhan Pengurus Nasional Ikatan Profesi Penguji Mutu Barang Periode 2020–2024

  Dengarkan Berita Ini


Kementerian Perdagangan menggelar acara Pengukuhan Pengurus Nasional Ikatan Profesi Penguji Mutu Barang (IP2MB) Periode 2020–2024. Pengukuhan secara virtual tersebut dilakukan oleh Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Veri Anggrijono dengan Pengurus Nasional IP2MB, Herbet Erwin F Manurung disaksikan Sekretaris Jenderal, Suhanto.

Dalam sambutannya, Sekjen menyampaikan bahwa tujuan pembentukan Ikatan Profesi Penguji Mutu Barang ialah sebagai wadah bagi profesi pejabat fungsional untuk mengembangkan profesionalisme, etika profesi, kompetensi, serta sebagai sarana komunikasi, konsultasi, dan usaha bersama lainnya yang sejalan dengan tugas pokok dan fungsi pejabat fungsional sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dirjen PKTN menambahkan, Pejabat Fungsional Penguji Mutu Barang memiliki peran sangat penting, yaitu memeriksa mutu produk sesuai dengan standar yang berlaku, memberikan kesaksian ahli dalam perlindungan konsumen, membantu pelaksanaan teknis harmonisasi bidang pengujian, kalibrasi dan penerapan standar, serta membantu pemerintah dalam melakukan pengawasan dan pengendalian mutu barang.

Pejabat Fungsional Penguji Mutu Barang akan menentukan produk mana yang layak dikonsumsi atau digunakan konsumen dan mana yang ditarik dari pasar, bahkan harus dimusnahkan karena berbahaya bagi keselamatan, kesehatan, dan keamanan konsumen, maupun lingkungan.

,

,