Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto menjadi narasumber pada acara 'Kata Sandi' di iNews Tower, Jakarta, Senin (7 Sep).
Mendag menyampaikan bahwa pemerintah mendorong ide kreatif setiap pelaku usaha agar dapat terus memanfaatkan peluang di pasar global agar merek lokal tetap kuat dan berdaya saing, khususnya dalam rangka memperbaiki ekonomi Indonesia di masa pandemi ini. Pemerintah optimis, dengan kreativitas dan pengembangan ide (inovasi) akan semakin banyak merek lokal yang mampu bersaing dan memenuhi pasar dalam dan luar negeri.
Pemerintah terus berupaya menggenjot peningkatan penjualan produk lokal, terutama produk UKM secara daring (online), dengan diluncurkannya program Bangga Buatan Indonesia (BBI) pada Mei 2020. Produk UKM yang go digital diharapkan dapat membuat masyarakat Indonesia mengamati dan melihat bahwa merek lokal tidak kalah dengan merek impor.
Dalam mendukung merek lokal berkiprah di kancah global, strategi Kemendag dimulai dari pengembangan pasar dalam negeri melalui penguatan produk lokal. Kemendag juga melakukan promosi produk melalui misi dagang dan pameran internasional, memfasilitasi desain produk ekspor, serta memaksimalkan peran perwakilan perdagangan di luar negeri sebagai agen pemasaran.
Pada kesempatan tersebut, Mendag didampingi oleh Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Syailendra dan Kepala Biro Humas, Ari Satria.
,