Search

Mendag Meninjau Area Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta

  Dengarkan Berita Ini


Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan meninjau area pabean di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (6 Mei).

Kunjungan kali ini dimaksudkan untuk meninjau implementasi dari Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) impor terbaru, yaitu Permendag Nomor 7 Tahun 2024 yang mulai berlaku hari ini (6 Mei). Permendag tersebut merupakan perubahan kedua atas Permendag Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

Dalam peninjauan tersebut, Mendag mendapati proses impor barang bawaan pribadi penumpang melalui pabean berjalan lancar tanpa kendala. Mendag juga berkesempatan berdialog dengan sejumlah penumpang yang baru tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Mendag menyampaikan, ada tiga pokok perubahan kebijakan dan ketentuan impor dalam Permendag Nomor 7 Tahun 2024. Ketiga pokok perubahan tersebut meliputi impor barang bawaan pribadi penumpang, impor barang kiriman PMI, dan evaluasi pengaturan beberapa komoditas bahan baku industri yang terkendala importasi.

Pada kesempatan tersebut, Mendag didampingi oleh Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Budi Santoso; Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Perjanjian Perdagangan Internasional, Bara Krishna Hasibuan; Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Peningkatan Ekspor dan Perluasan Pasar Luar Negeri, Al Hilal Hamdi dan Direktur Impor, Arif Sulistiyo

,