Search

Mendag Menerima Kunjungan Jajaran Direksi Alibaba Cloud Indonesia

  Dengarkan Berita Ini


Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menerima kunjungan jajaran direksi Alibaba Cloud Indonesia di Jakarta, Selasa (18 Juli).

Pada pertemuan tersebut, jajaran direksi Alibaba Cloud Indonesia secara mengundang Mendag untuk hadir dan menyampaikan sambutan pada Apsara Data Base Summit 2023 di Jakarta, pekan depan.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE), Alibaba Cloud Indonesia dikategorikan sebagai Penyelenggara Sarana Perantara (PSP).

Terkait hal tersebut, Alibaba Cloud Indonesia wajib memenuhi ketentuan undang-undang yang berlaku berlaku dalam melakukan aktivitas PMSE di Indonesia, khususnya terkait perizinan berusaha, perlindungan konsumen, standar keamanan sistem, serta mekanisme perlindungan data yang memadai.

Selain itu, Alibaba Cloud Indonesia juga menyediakan infrastruktur komputasi awan (cloud computing) yang dapat diakses oleh UMKM, menyediakan program pelatihan dan pendidikan bagi pelaku UMKM, serta mendorong kemitraan dengan pelaku industri lokal.

Pada kesempatan tersebut, Mendag didampingi oleh Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa, Rifan Ardianto.