Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan memberikan paparan dalam acara Legendary Brand Festival 2023 yang berlangsung di Jakarta, Sabtu (25 Feb).
Dalam paparannya, Mendag mengatakan bahwa surplus neraca perdagangan pada 2022 mencapai sebesar USD 54,46 miliar. Hal ini didukung oleh ekspor Indonesia sepanjang 2022 yang tercatat sebesar USD 291,98 miliar.
Mendag menambahkan, di sektor niaga elektronik, nilai transaksi sepanjang 2022 sebesar Rp476,3 triliun, meningkat 18,7% dibanding 2021, dengan volume 3,48 juta transaksi.
Lebih lanjut Mendag menjelaskan, dengan mempertimbangkan besarnya potensi ekonomi digital tersebut, Kemendag mendorong kolaborasi dalam membangun ekosistem niaga elektronik melalui 4 pilar, yaitu UMKM yang terbuka terhadap perubahan, inovatif, dan punya kemauan berkembang; lokapasar yang bersinergi dengan UMKM; ritel modern yang berperan memberikan akses kemitraan; dan lembaga pembiayaan atau perbankan.
Kemendag juga memberikan kemudahaan akses pasar bagi UMKM untuk memasarkan produk di pasar internasional melalui 46 kantor perwakilan perdagangan di luar negeri.
Mendag berharap Legendary Brand Festival akan menjadi media meningkatkan kolaboratif, kerja sama dan adaptasi digital antara para pelaku UMKM dan legenda jenama-jenama Indonesia.