Search

Kemendag pada Talkshow Ekspor Jakarta Kreatif Digital

  Dengarkan Berita Ini


Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Arief Wibisono menjadi salah satu narasumber Talkshow Ekspor “Strategi Jitu untuk UMKM Go Export di Era Digital” pada acara Jakarta Kreatif Festival 2024 yang berlangsung di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (8 Juni).

Acara digelar oleh perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta sebagai upaya mendukung peningkatan ekspor UMKM di era digital untuk mendorong peningkatan perekonomian pascapandemi.

Pada kesempatan ini, Direktur Arief menyampaikan perlunya UMKM melakukan riset pasar sebelum melakukan ekspor. UMKM harus menerapkan prinsip kualitas, kuantitas, dan kontinuitas untuk menjaga hubungan dengan pembeli.

Arief menambahkan, Kementerian Perdagangan juga memiliki Inaexport yang merupakan platform B2B untuk membantu mempromosikan produk Indonesia ke pembeli internasional. Selain itu, Inaexport memberikan berbagai informasi peluang pasar di luar negeri.

Sinergi antarlembaga merupakan faktor kunci dalam mendorong peningkatan infrastruktur pendukung ekspor di Indonesia. Kerja sama yang erat antara pemerintah, sektor swasta, dan lembaga-lembaga terkait dapat menciptakan ekosistem yang kondusif, sehingga hambatan proses ekspor dapat diminimalisasi.

Turut menjadi narasumber yaitu Fasilitator Pusat Pelatihan SDM Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP), Andriza Syarifudin; perwakilan eksportir sekaligus content creator, Dewi Eka Harlasyanti; serta perwakilan ukmindonesia.id, Dewi Meisari.