Search

Diskusi Penguatan Kiprah Perempuan Perdagangan Lintas Generasi

  Dengarkan Berita Ini


Kementerian Perdagangan menggelar Diskusi Penguatan Kiprah Perempuan Perdagangan Lintas Generasi yang berlangsung Jakarta, Jumat (19 Jan). Kegiatan tersebut dibuka Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Suhanto.

Suhanto mengapresiasi para wanita hebat di lingkungan Kementerian Perdagangan yang sudah berbagi pengalamannya selama menjalankan tugas dalam membantu Kementerian Perdagangan menjalankan tugas, fungsi, dan program kerja untuk membantu masyarakat serta menggerakkan roda perekonomian bangsa.

Acara ini menghadirkan narasumber antara lain, Purnabakti Dirjen Daglu Kemendag dan Deputi Menko Perekonomian, Diah Maulida; Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini; Widyaiswara Ahli Utama Kemendag, Srie Agustina; Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Kemendag, Fajarini Puntodewi; Direktur Perundingan ASEAN Kemendag, Dina Kurniasari; serta dimoderatori Sekretaris Bappebti, Olvy Andrianita.

Dalam kesempatan tersebut, dibahas peran perempuan dalam perekonomian Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan tahun 2021, tercatat sekitar 54% pelaku UMKM didominasi oleh perempuan. Bahkan, pada bidang investasi, peran perempuan mencapai angka 60%. Situasi tersebut menunjukkan bahwa perempuan juga memiliki kapasitas yang sama sebagaimana laki-laki, baik dari segi kecerdasan hingga kemandirian.

Acara ini diharapkan dapat memacu para perempuan-perempuan hebat di lingkungan Kemendag untuk terus membantu dan memberikan kontribusi terbaiknya untuk kemajuan bangsa Indonesia.