Satu hari menjelang penutupan Expo 2020 Dubai, Kementerian Perdagangan RI menandatangani nota kesepahaman Memorandum of Understanding on Promotion Cooperation dengan Lulu Group International di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (30 Mar). Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi bersama COO Lulu Group International yang diwakili Director of Private Label, Shamim Sainulabdeen.
Didi menjelaskan bahwa produk Indonesia saat ini telah go international, terutama di kawasan Timur Tengah. Melalui gelaran Expo 2020 Dubai yang membuka banyak peluang di bidang perdagangan, Kemendag semakin gencar mempromosikan produk lokal Indonesia, khususnya dari usaha kecil menengah (UKM) untuk semakin menembus pasar global.
Duta Besar RI Abu Dhabi, Husin Bagis mengapresiasi penandatanganan MoU antara Kemendag dengan Lulu Group dan berharap produk-produk UKM Indonesia lebih gampang masuk ke jaringan Lulu Group, baik di Indonesia maupun di Uni Emirat Arab.
Pada saat bersamaan, Kemendag melaksanakan kegiatan penjajakan kesepakatan bisnis (business matching) secara hibrida dengan 5 lini usaha yang dimiliki oleh Lulu Group International, yaitu perusahaan di bidang produk dekorasi rumah, garmen, buah-buahan, barang kebutuhan sehari-hari, dan peralatan rumah tangga.
Acara business matching diikuti oleh 42 pelaku usaha dari wilayah Jabodetabek secara luring di Episode Hotel Gading Serpong dan 55 pelaku usaha wilayah di luar Jabodetabek secara daring.
Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan akan menjadi langkah nyata bagi implementasi kerja sama dimaksud dan langkah awal bagi masuknya produk-produk UKM Indonesia ke pasar Timur Tengah melalui jaringan ritel Lulu Group International.