Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi memberikan sambutan pada Webinar Outlook Perdagangan Indonesia 2022: Peningkatan Ekspor Non-Komoditas melalui Pengembangan Produk Ekspor Bernilai Tambah yang digelar secara hibrida dari Kota Bogor pada Selasa (15 Feb).
Kegiatan ini bertujuan menyosialisasikan arah dan program fasilitasi pengembangan produk ekspor yang dilakukan Kemendag dalam rangka meningkatkan daya saing produk ekspor Indonesia agar mampu berkompetisi di pasar global.
Dalam sambutannya, Didi mengatakan bahwa dalam upaya peningkatan daya saing produk Indonesia, Kemendag berkomitmen dalam pengembangan UKM serta hilirisasi produk ekspor melalui penyelenggaraan berbagai program yang mendukung nilai tambah.
Para pembicara dalam webinar ini yaitu Kepala Pusat Pengkajian Perdagangan Luar Negeri, Hari Widodo; Public Policy Manager Meta Indonesia & Timur Leste, Noudhy Valdryno; dan Product Designer, Eugenio Hendro.
Pada sesi kedua dilakukan sosialisasi beberapa fasilitasi peningkatan daya saing yang diberikan Kemendag, antara lain Good Design Indonesia, Designers Dispatch Service, Indonesia Design Development Center, serta sertifikasi produk ekspor.
Turut hadir dalam acara ini Direktur Pengembangan Produk Ekspor, Miftah Farid; perwakilan Dinas Perdagangan, Industri, Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor, asosiasi, pelaku usaha; serta sekitar 280 peserta secara daring.