Search

Bedah Buku “Yang Penting Ngebul: Digital Marketing for Newbie”

  Dengarkan Berita Ini


Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Perdagangan, Muhammad Rivai Abbas membuka acara Bedah Buku “Yang Penting Ngebul: Digital Marketing for Newbie” karya Suryadin Laoddang yang berlangsung di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (30 Jul).

Rivai menyatakan, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, pemasaran digital menjadi salah satu kunci utama dalam strategi pemasaran modern. Buku "Yang Penting Ngebul: Digital Marketing for Newbie" memberikan penjelasan yang komprehensif dan mudah dipahami tentang dasar-dasar pemasaran digital yang dilengkapi dengan contoh-contoh konkret yang relevan dengan kondisi pasar di Indonesia.

Kegiatan ini menghadirkan pembedah buku yaitu Dinar Sudianto, Konsultan di Bidang Digital Marketing yang berpengalaman di dunia pemasaran digital dan moderator yang ahli dalam perdagangan melalui sistem elektronik.

Dinar menyampaikan bahwa sejak masa pandemi, intensitas transaksi jual beli daring meningkat. Hal ini menjadi peluang bagi UMKM untuk berkembang. UMKM harus memanfaatkan kemudahan akses data sebagai bahan riset agar cara berjualan lebih strategis dan efektif.

Menurut Dinar, buku ini akan terlalu mahal jika hanya dibaca, tetapi tidak dipraktikkan. Prinsip “Yang Penting Ngebul” artinya selalu ada usaha dan aktivitas, jangan hanya pasif atau berdiam diri.

Melalui kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat memperoleh ilmu baru dan inspirasi untuk terus berinovasi dalam memanfaatkan teknologi digital.