Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan kegiatan Adaptasi Produk UMKM BISA Ekspor dengan tema "Dekorasi Kelas Dunia, dari Indonesia untuk Semua" di Mataram, Nusa Tenggara Barat, 6–7 November 2024. Acara dibuka oleh Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Ekonomi Kreatif, Merry Maryati.
Merry menyampaikan bahwa kegiatan ini sejalan dengan arahan Menteri Perdagangan untuk mendorong dan memfasilitasi peningkatan daya saing produk UMKM agar Berani Inovasi dan Siap Adaptasi (BISA) Ekspor.
Adaptasi Produk UMKM BISA Ekspor bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM di wilayah Nusa Tenggara Barat terkait preferensi pasar dan pengembangan produk berbasis desain guna menembus pasar global. Acara ini dihadiri sekitar 40 pelaku usaha sektor dekorasi rumah di wilayah NTB.
Adapun narasumber pada kegiatan ini yaitu Ketua Tim Kriya Direktorat Pengembangan Ekspor Jasa dan Ekonomi Kreatif, Narita Nurindah Hatibie yang memaparkan program pengembangan ekspor untuk sektor kriya; CEO dan Founder CV Aman Begja (Sheo Home Living), Ayu Anandani yang memaparkan pengalaman sukses mengekspor produk kreatif berupa furnitur kecil dan dekorasi rumah ke lebih dari 30 negara; serta Desainer Produk Indonesia Design Development Center (IDDC), Baginda Wisnu Wardhana yang memaparkan pentingnya pengembangan produk berbasis desain untuk menembus pasar ekspor. Turut hadir Plh. Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Heri Agustiadi.
Setelah paparan oleh para narasumber, diadakan sesi konsultasi one on one dengan para narasumber, baik mengenai peluang pasar dan promosi produk melalui niaga elektronik maupun pengembangan produk melalui klinik desain IDDC.
Rangkaian kegiatan selanjutnya yaitu kunjungan ke CV Hanuman Craft yang merupakan perajin ketak asal kota Mataram yang produknya telah diekspor ke berbagai negara. Pada kesempatan ini, CV Hanuman Craft berkesempatan melakukan konsultasi dengan desainer IDDC terkait dengan pengembangan desain kemasan dan desain komunikasi visual yang dapat diaplikasikan pada proses produksi dan promosi produk.