Search

Zulhas ke Pasar Cek Beras, Ayam, Telur, hingga Gula, Ini Hasilnya

  Dengarkan Berita Ini

Zulhas ke Pasar Cek Beras, Ayam, Telur, hingga Gula, Ini Hasilnya


Ilustrasi: Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat mengecek beras dan bahan pangan lainnya di pasar.Foto: Rengga Sancaya

Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengecek stok barang kebutuhan pokok (bapok) di Pasar Kangkung, Kota Bandar Lampung jelang Ramadan 2024. Menurutnya secara umum harga bapok Pasar Kangkung relatif stabil dibanding minggu sebelumnya.

Pria yang biasa disapa Zulhas ini mengatakan beberapa komoditas bapok yang mengalami penurunan harga yaitu beras, bawang merah dan cabai. Sedangkan komoditas yang mengalami kenaikan harga yaitu daging ayam ras, dan telur ayam ras.

Terkait beras, Zulhas kembali menekankan, kenaikan harga beras disebabkan mundurnya masa tanam dan panen padi akibat gangguan iklim, seperti El Nino. Masyarakat dapat memilih beras SPHP sebagai alternatif karena stoknya cukup, berkualitas, dan harganya terjangkau.

"Kalau beras memang panennya bergeser, harusnya Januari sudah panen karena El Nino pindah, ini baru mulai tanam. Masyarakat bisa memilih beras Bulog SPHP," kata Zulhas dalam keterangannya, Jumat (8/3/2024).

Berdasarkan pantauannya, harga beras premium tercatat sebesar Rp17.000/kg, beras medium Rp16.000/kg, beras Program Stabilisasi Harga Pangan (SPHP) Bulog Rp10.900/kg, gula pasir Rp17.000/kg.

Kemudian, minyak goreng curah Rp15.300/liter, minyak goreng kemasan Rp18.000/liter, tepung terigu Rp14.000/kg, daging sapi Rp125.000/kg, daging ayam ras Rp40.000/kg, telur ayam ras Rp30.000/kg, cabai merah keriting Rp60.000/kg, cabai rawit merah Rp60.000/kg, bawang merah. Rp30.000/kg, dan bawang putih honan Rp36.000/kg.

Zulhas mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir terjadi kekurangan stok pangan. Pemerintah telah bekerja keras memastikan pasokan bapok cukup secara nasional dengan harga terjangkau dan stabil.

"Kita lihat stok barang kebutuhan pokok banyak. Masyarakat tidak usah khawatir, menjelang bulan suci Ramadan, ayam banyak, telur banyak, beras banyak, cabai banyak, bawang putih dan bawang merah banyak," ujarn

Usai memantau bapok di Pasar Kangkung, Zulkifli Hasan kunjungan ke pabrik pakan PT Charoen Pokphand Feedmill, Lampung. Pada kunjungan ini, Zulhas meninjau produksi pakan dan berdiskusi dengan perwakilan Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Petelur Nasional (PPN) Wilayah Lampung.

Zulhas mengapresiasi kinerja Pinsar Lampung yang telah membantu menjaga pasokan jagung untuk peternak. Hal ini akan membantu stabilitas harga telur dan daging ayam, khususnya menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

"Untuk Pinsar, terima kasih atas bantuan jagung kepada peternak di lampung. Sekarang pasokan jagung semakin lancar. Diharapkan Pinsar dapat meningkatkan penyerapan jagung lokal sehingga menjaga stabilitas harga dan pasokan telur, khususnya jelang HBKN," imbuh Zulhas.

Hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Lampung Bani Ispriyanto serta Kepala Dinas Peternakan dan Kesejahteraan Hewan Provinsi Lampung Lili Marwati. Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan, yaitu Pit. Sekretaris. Jenderal Kemendag Suhanto.

Penulis: Aulia Damayanti


** Tulisan ini berasal dari tautan berikut ini. (finance.detik.com)

  • Share