Search

Tinjau Pasar Pagi Sambas, Zulhas: Beras Banyak, Suplai Banjir

  Dengarkan Berita Ini

Tinjau Pasar Pagi Sambas, Zulhas: Beras Banyak, Suplai Banjir

Foto: Humas Kemendag

Sambas - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menyambangi Pasar Pagi Sambas yang berada di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Dalam tinjauannya, Zulhas mendapati stok barang pokok banyak dengan harga yang stabil.

Pantauan detikcom, Zulhas datang ke Pasar Pagi Sambas pada pukul 07.15 WIB. Dalam kesempatan itu ia ditemani oleh Bupati Sambas, Sartono beserta jajarannya. Kehadiran Zulhas pun disambut pedagang dengan suka cita.

"Beras banyak, suplainya banjir, banyak. Jadi harga sembako suplainya banyak dan harganya stabil cenderung murah," kata Zulhas di Pasar Sambas, Senin (18/12/2023).

Meski begitu, Zulhas menemukan pasokan cabai keriting merah di Pasar Sambas tidak banyak. Sebagai gantinya terdapat cabai sayur atau cabai besar merah yang dijual dengan harga Rp 50.000 per kilo.

Selain itu, Zulhas juga mendapati harga ayam yang agak sedikit mahal serta harga telur dan bawang yang cenderung sama dengan yang ada di Jawa. "Ayam di sini agak mahal 43 ribu tapi bersih sudah dipotong, telur dan bawang sama dengan di Jawa," imbuh Zulhas.

Sebelumnya, Zulhas juga meninjau beberapa pasar yang ada di Sumatera dan Kepulauan Riau, seperti Pasar Batuphat Timur di Lhokseumawe, Aceh dan Pasar Pagi Tos 3000 di Batam, Kepulauan Riau. Dalam kunjungan itu, Zulhas mendapati harga bapok murah dengan stok yang banyak.

Di Pasar Pagi Tos 3000, Zulhas menemukan harga cabai hijau besar Rp 30.000 per kg, sedangkan cabai keriting atau cabe merah besar berada di kisaran Rp 45.000- Rp 50.000 per kg, cabai rawit hijau Rp 45.000 per kg dan cabai rawit merah Rp 70.000 - Rp 75.000 per kg. Lalu bawang putih Rp 30.000 per kg dan bawang merah Rp 35.000 per kg.

Sedangkan di Pasar Batuphat Timur harga cabai berada di angka Rp 32.000 per kg. Harga bawang juga terpantau aman yaitu Rp 32.000 per kg.

Penulis: Angga Laraspati


** Tulisan ini berasal dari tautan berikut ini. (finance.detik.com)

  • Share