Search

Sambangi Pasar di Semarang, Zulhas: Beras Aman!

  Dengarkan Berita Ini

Sambangi Pasar di Semarang, Zulhas: Beras Aman!


Foto: Anisa Indraini/detik.com

Semarang - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas menyambangi Pasar Bulu, Semarang, Jawa Tengah. Dalam kesempatan itu dia mengecek ketersediaan beras beserta harganya.

Berdasarkan pantauan detikcom, Selasa (20/2/2024), Zulhas datang sekitar pukul 08.00 WIB. Dia memakai kemeja putih seragam Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Setibanya di lokasi, Zulhas langsung keliling mencari pedagang beras. Ia berdialog dengan pedagang untuk mengetahui harga beras premium dan ketersediaan beras Stabilitas Pasokan Harga Pangan (SPHP) yang dipasok Bulog.

"Beras masih mahal ya yang premium? Berapa sekarang?" tanya Zulhas di lokasi.

"Rp 16.000 per kg Pak," jawabnya.

"Tapi beras Bulog (SPHP) ada ya? Berarti aman ya. Aman beras aman," ucap Zulhas.

Berdasarkan hasil kelilingnya, Zulhas mengakui harga beras premium masih mahal di pasaran karena terjadi penurunan produksi pada periode Januari-Maret 2024. Untuk itu, pemerintah mengatasinya dengan mengguyur beras SPHP.

"Memang beras premium, beras lokal harganya naik, sampai hari ini masih bergerak naik yang beras lokal karena produksinya turun, harusnya Januari-Maret pindah musim ke Maret-Mei karena El Nino. Terus gimana pemerintah mengatasi? Pemerintah membanjiri pasar dengan SPHP itu beras Bulog," jelas Zulhas.

Sebanyak 250 ribu ton beras SPHP akan terus diguyur bulan ini ke pasar dan ritel modern. Hal ini dilakukan untuk menjaga pasokan beras.

Turut mendampingi Zulhas yakni Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim, hingga Plt Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto.

Penulis: Anisa Indraini


** Tulisan ini berasal dari tautan berikut ini. (finance.detik.com)

  • Share