Search

Pagi-Pagi Mendag Zulhas Sidak ke Pasar Kramat Jati, Ada Apa?

  Dengarkan Berita Ini

Pagi-Pagi Mendag Zulhas Sidak ke Pasar Kramat Jati, Ada Apa?

Foto: Mendag Zulhas Sidak Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (15/3/2024). (CNBC Indonesia/Martyasari Rizky)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam rangka menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok (bapok) saat Ramadan, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas pagi ini meninjau Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, hari ini Jumat (15/3/2024).

Zulhas sampai di Pasar Kramat Jati pada pukul 08.25 WIB dengan didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) Suhanto dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (Dirjen PDN) Isy Karim. Sesampainya di lokasi, Zulhas langsung berkeliling ke setiap kios yang yang ada di pasar ini. Kios pertama yang dikunjunginya merupakan kios milik PD Pasar Jaya.

"Jadi kalau SPHP beras Bulog berarti Rp11 ribuan sekilo, ada (barangnya). Yang premiumnya Bulog ada juga," kata Zulhas saat meninjau beras SPHP di kios PD Pasar Jaya.

Selanjutnya, Zulhas bergerak mengecek harga di kios sayuran. Ia pun sempat kaget saat mendengar harga cabai tembus di angka Rp100.000 per kg.

"Berapa (harga) cabai hari ini Bu? Rp100.000 (per kg)?" ucapnya.


Foto: Mendag Zulhas Sidak Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (15/3/2024). (CNBC Indonesia/Martyasari Rizky)

"Kalau bawang? Oh yang super Rp40.000 (per kg). Tapi yang penting barangnya ada kan?" imbuh Zulhas.

"Ada, tapi harganya naik pak. Kalau minyak kita selalu jual yang sesuai HET ya," jawab Yuni, salah seorang pedagang sayuran di Pasar Kramat Jati.

Kemudian, Zulhas mengecek harga telur dan daging ayam. Di mana harga telur hari ini dipatok Rp32.000 per kg, dan daging ayam dipatok Rp45.000 per kg. Zulhas juga mengecek harga daging sapi. Harga daging sapi hari ini dipatok Rp140.000 per kg.

Selain mengecek stabilitas harga dan ketersediaan bapok di bulan Ramadan, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini selalu membeli barang dagangan pedagang 3-5 kg, dan ia meminta kepada pedagang tersebut untuk membagikan kepada pembeli 1 kg per orang.

"Ini saya beli 5 kg, nanti kalau ada yang belanja tolong dikasih saja ke ibu-ibu ya, terserah siapa saja, sekilo-sekilo," ucapnya.

Terakhir, Zulhas mengecek kios beras. Ia mendapati harga beras di Pasar Kramat Jati dipatok Rp16.000 per kg untuk beras jenis premium, dan beras dari Thailand dan Vietnam (SPHP Bulog) Rp10.900/kg.

"Saya beli yang beras Thailand dan Vietnam. Nanti dibagiin saja 2kg-2kg," ucapnya kepada pedagang.

Penulis: Martyasari Rizky


** Tulisan ini berasal dari tautan berikut ini. (www.cnbcindonesia.com)

  • Share