Search

Mendag Zulkifli Minta Cabai Aceh Dikirim ke Pulau Jawa, Biaya Ditanggung Pemerintah

  Dengarkan Berita Ini

Mendag Zulkifli Minta Cabai Aceh Dikirim ke Pulau Jawa, Biaya Ditanggung Pemerintah

Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan meninjau harga bahan pokok di Pasar Batuphat Timur, Kota Lhokseumawe, Jumat (15/12/2023).(KOMPAS.COM/MASRIADI SAMBO)

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, mendorong pemerintah daerah di Aceh untuk mengirimkan cabai asal Aceh ke sejumlah pasar di Pulau Jawa. Pasalnya, harga cabai di Aceh relatif murah dibanding di Pulau Jawa.

Zulkfli menyebut harga cabai di Aceh Rp 30.000 per kilogram, sementara di Pulau Jawa mencapai Rp 120.000 per kilogram. “Saya meminta pemerintah daerah agar bisa cari cara cabai di Aceh dibawa ke Jawa. Terkait biaya ongkos kirimnya, nanti kami yang akan tanggung,” kata Zulkifli saat meninjau harga bahan pokok di Pasar Batuphat Timur, Kota Lhokseumawe, Aceh, Jumat (15/12/2023).

“Kalau di Jawa kan satu biji Rp 2.000, jadi perkilo Rp 120.000," katanya. Dia memprediksi harga jual cabai di Pulau Jawa akan turun drastis jika cabai asal Aceh dikirim ke Jawa.

“Bisa turun hingga Rp 50.000 perkilo dari Rp 120.000,” katanya.

Saat meninjau harga bahan pokok di Pasar Batuphat, Zulkifli juga mendapat informasi harga bawang juga tergolong murah, yaitu seharga Rp 35.000 per kilogram. “Ternyata barang di Aceh itu tidak mahal karena harganya sangat stabil,” ujar Zulkifli.

Penulis: Masriadi, David Oliver Purb

** Tulisan ini berasal dari tautan berikut ini. (regional.kompas.com)

  • Share