Search

Mendag Targetkan Ekspor Tumbuh Double Digit di 2020

  Dengarkan Berita Ini

Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan akan membuat target ekspor nonmigas di 2020 lebih tinggi dibandingkan target tahun ini. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan saat ini besaran targetnya masih dibicarakan. Oleh karenanya ia belum mau menyebutkan angka pastinya. "Ekspor tahun depan pasti bisa lebih tinggi dan akan kita bahas. Mudah-mudahan (pertumbuhannya) bisa dua digit," kata Agus di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis, 7 November 2019.
 
Untuk meningkatkan ekspor, lanjut Agus, salah satu langkahnya yakni dengan melakukan perundingan-perundingan dagang dengan negara lain. Perundingan tersebut diharapkan dapat menambah kapasitas dan nilai ekspor Indonesia. "Kita selesaikan perjanjian dengan luar negeri, meningkatkan produksi dalam negeri," tutur dia.
 

Adapun untuk tahun ini, pemerintah mematok target ekspor nonmigas sebesar USD175 miliar. Target tersebut tumbuh 7,5 persen. Menteri Perdagangan sebelumnya Enggartiasto Lukita mengatakan pertumbuhan tersebut mengacu pada realita kondisi ekonomi yang diterpa ketidakpastian. Sementara itu di 2018, kinerja ekspor Indonesia hanya tumbuh 6,7 persen. Realisasi tersebut lebih rendah dari target pertumbuhan yang dipatok di angka 11 persen.
https://www.medcom.id/ekonomi/mikro/RkjzdrGk-mendag-targetkan-ekspor-tumbuh-double-digit-di-2020
Suci Sedya Utami

** Tulisan ini berasal dari tautan berikut ini.

  • Share