Search

Mendag Kejar Fasilitas Bea Masuk 0% dari AS Sebelum Akhir Tahun

  Dengarkan Berita Ini

JAKARTA – Kementerian Perdagangan tengah mengejar penyelesaian fasilitas bea masuk 0% Generalized System of Preferences (GSP) dari Amerika Serikat (AS). Targetnya fasilitas bagi eksportir Indonesia tersebut bisa mulai dinikmati pada akhir tahun. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyatakan, akan mempercepat proses penyelesaian perundingan tersebut Kemendag akan mengirim tim ke AS pada bulan ini.

Hal itu sekaligus merespons kunjungan Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross ke Indonesia pada beberapa hari yang lalu. "Kami akan mengirimkan tim terkait GSP AS, dan ini berdasarkan pertemuan dengan Menteri Perdagangan AS dengan Bapak Presiden (Joko Widodo), sudah disepakati," katanya dalam konferensi pers di Kantor Kemendag, Jumat (8/11/2019).

Menurutnya, pihak pemerintah AS bahkan menginginkan perundingan bisa rampung sebelum Hari Raya Natal alias 25 Desember 2019. "Memang ini sangat segera. Respons AS positif, mereka inginkan cepat sebelum natal, jaei sebagai hadiah natal. Mudah-mudahan ini lancar," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, dirinya akan memimpin secara langsung delegasi tim Indonesia yang bakal pergi ke AS. Memang dalam pembagian tugas dengan, Agus, dirinya bertanggung jawab terkait perjanjian perdagangan internasional. "Dalam waktu dekat ini saya akan memimpin delegasi ke AS dalam rangka menguatkan dan memberi hal-hal kesepakatan ke depannya," tambahnya.
https://economy.okezone.com/read/2019/11/08/320/2127608/mendag-kejar-fasilitas-bea-masuk-0-dari-as-sebelum-akhir-tahun
Yohana Artha Uly

** Tulisan ini berasal dari tautan berikut ini.

  • Share