Search

Mendag: Data Center E1 DCI Tingkatkan Daya Saing Bisnis

  Dengarkan Berita Ini

Mendag: Data Center E1 DCI Tingkatkan Daya Saing Bisnis


Mendag Zulhas mengatakan pusat data E1 akan membantu meningkatkan daya saing bisnis Indonesia di ranah regional. Akurat.co/ Elza Hayarana Sahira

AKURAT.CO Pusat Data E1 milik PT DCI Indonesia Tbk mendapat atensi khusus dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi dan Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan.

Mereka menyoroti peran penting DCI Indonesia sebagai pemimpin industri pusat data nasional selama satu dekade terakhir. "Pemerintah mendukung pertumbuhan ekosistem pusat data di Indonesia dan mengharapkan agar seluruh pusat data di Indonesia minimal memenuhi standar tier IV untuk menjawab kebutuhan ekonomi digital tanah air," ungkapnya dalam acara DCI Indonesia E1 Open Days, di Ariobimo Sentral, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Selanjutnya, Mendag Zulhas juga menyoroti pentingnya peran pusat data seperti E1 dalam mendukung pertumbuhan industri e-commerce dan ekonomi digital di Indonesia. "E1 akan membantu meningkatkan daya saing bisnis Indonesia di ranah regional dengan menyediakan infrastruktur dan operasional pusat data yang andal," ucap Zulhas.

Senada, Wakil Presiden Operasi DCII Lucas Adrian, menjelaskan kehadiran E1 di pusat kota Jakarta telah meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan digital, serta menjadi bukti kompetensi lokal di sektor IT. Serta, komitmen DCI Indonesia untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi dan kompetensi pusat data Indonesia.

Sebagai pemimpin industri yang sudah terbukti selama satu dekade terakhir dengan track record 100% power uptime, DCI Indonesia menegaskan bahwa di balik fasilitas tier IV, ada operational excellence berbasis automation dan AI yang telah mereka bangun dan terapkan. “Dengan pendekatan ini, kami dapat menilai keamanan dan stabilitas penggunaan dengan lebih efisien,” Jelas Lucas.

Diketahui, DCI Indonesia merupakan data center Tier IV pertama di Asia Tenggara yang menyediakan layanan infrastruktur data center yang aman dengan menjamin SLA colocation sebesar 99,999%. Sebagai pusat data netral operator, DCI didukung oleh 60+ penyedia layanan jaringan dengan platform yang tersebar di berbagai lokasi: Cibitung, Karawang, dan Jakarta.

Dengan total potensi kapasitas daya hampir mencapai 1.000 megawatt (MW), DCI telah mempertahankan rekam jejak power uptime 100% sejak pertama memulai operasi pada tahun 2013.

Penulis: Elza Hayarana Sahira


** Tulisan ini berasal dari tautan berikut ini. (www.akurat.co)

  • Share