Search

Kunjungi Minahasa, Wamen Perdagangan Jerry Sambuaga Ajak Masyarakat Cintai Produk Lokal

  Dengarkan Berita Ini

Kunjungi Minahasa, Wamen Perdagangan Jerry Sambuaga Ajak Masyarakat Cintai Produk Lokal

Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga mengajak masyarakat di Kabupaten Minahasa untuk mencintai produk lokal dalam negeri.

TRIBUNMANADO.CO.ID – Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga mengajak masyarakat di Kabupaten Minahasa untuk mencintai produk lokal dalam negeri. Hal ini disampaikan Jerry Sambuaga saat menggelar sosialisasi Kecintaan Produk Dalam Negeri di Hotel Yama Resort, Tondano, Kamis (8/2/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan peserta dan sejumlah pelaku UMKM di Kabupaten Minahasa. Pada kesempatan itu, Jerry Sambuaga menjelaskan, berbagai program dari kementerian perdagangan merupakan program strategis.

"Sebab, programnya tersalurkan, selalu berkesinambungan, dan komprehensif," jelas Sambuaga.

Ia menyebut, sosialisasi kali ini, tentang penggunaan produk dalam negeri, produk lokal, produk Indonesia dan juga memastikan bahwa produk dalam negeri memasuki skala-skala prioritas dalam memasarkan dan memastikan produk dalam negeri di berdayakan.

"Sebagai contoh semua yang saya pakai ini adalah produk dalam negeri, produk Sulawesi Utara 100 persen. Semua ini adalah bentuk kecintaan kepada Indonesia," sebut Sambuaga.

Wakil Menteri Perdagangan ini mengatakan, sebagai pemerintah pihaknya memberi contoh, supaya masyarakat mencintai produk dalam negeri, dengan membeli, dan menggunakannya. "Untuk diketahui, produk yang terdaftar di kementerian sudah banyak," katanya.

Salah satu contoh, dari pihak swasta berupa Hotel, amanetisnya menggunakan produk lokal, seperti sendal, alat makan, makananpun khas-khas lokal. "Tidak hanya di hotel, di pasar, supermarket, 70 persen harus produk- produk lokal, ini adalah bentuk keberpihakan yang kongkret dan jelas dari kementerian perdagangan," beber Sambuaga.

Menurutnya, Sosialisasi seperti ini sangat penting, agar kita tau pentingnya produk lokal. "Untuk bantuan dari kementerian perdagangan sendiri seperti pelatihan, pendampingan, sampai kepada promosi-promosi kegiatan produk kita," jelas Sambuaga.

Kata dia, Perwakilan Kementerian perdagangan ada 46 titik di seluruh dunia, tugasnya memastikan pasaran luar negeri. "Ini adalah bentuk yang sangat jelas Dimana pemerintah itu memberikan bantuan kepada Masyarakat," pungkasnya.

Penulis: Mejer Lumantow 

** Tulisan ini berasal dari tautan berikut ini. (manado.tribunnews.com)

  • Share