Search

Jokowi Ingin UMKM Maju, Zulhas Akan Instruksikan ITPC Mudahkan Ekspor

  Dengarkan Berita Ini

Jokowi Ingin UMKM Maju, Zulhas Akan Instruksikan ITPC Mudahkan Ekspor


Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan (Zulhas) menghadiri pembukaan UMKM Expo Brillianpreneur 2023 bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan penopang ekonomi nasional, sehingga ia ingin para pelaku usaha bisa go global. Hal ini ia utarakan saat memberikan sambutan di acara pembukaan UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center, Senayan, Kamis (7/12).

"Terima kasih yang sebesar-besarnya pada pelaku dan mitra UMKM yang telah menjadi penopang ekonomi kota. Kita tahu PDB ekonomi kita 61 persen didukung oleh UMKM," ujar Jokowi dalam sambutannya, Kamis (7/12/2023) .

"Dan, 97 persen yang berkaitan dengan tenaga kerja itu penyerapannya oleh usaha-usaha UMKM. Saya sangat menghargai dan mengapresiasi Brilianpreneur ini," sambungya.

Jokowi kagum bahwa produk-produk binaan Bank BRI ini memiliki kualitas yang bagus, dari segi kemasan dan branding-nya. Ia ingin UMKM nasional terus naik kelas.

"Dan memang UMKM kita harus terus naik kelas. Harus go digital, harus go internasional, dan harus menguasai pasar lokal yang kita miliki. Tetapi tidak melupakan pasar ekspor dan pasar global," tambahnya.

Menjawab keinginan Jokowi, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan siap bantu para pelaku UMKM untuk bisa memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas. Ia akan instruksikan ITPC untuk permudah ekspor para pelaku UMKM. "Kemendag punya ITPC (Indonesian Trade Promotion Center) di 19 negara," ujar Zulhas.

Zulhas juga mendorong UMKM untuk terus berkolaborasi melalui program business matching, alih-alih hanya menggelar pameran. Dirinya mengungkap jika di Doha kemarin, transaksi untuk UMKM sukses menyentuh angka US$ 10 juta.

"Kami terakhir di Doha itu transaksinya (untuk UMKM) US$ 10 juta lebih. Pak Jokowi selalu membantu untuk mengembangkan UMKM," tambahnya.

Zulhas juga mengapresiasi gelaran UMKM Expo(rt) Brilianpreneur, pasalnya ini dapat mempercepat para pelaku usaha untuk berkembang dengan cepat. "Tepat sekali kita kerja bareng (BRI) soal business matching. Kalau semua bisa melakukan hal seperti ini saya kira UMKM kita akan berkembang dengan cepat," pungkas Zulhas.

Penulis: Devandra Abi Prasetyo



** Tulisan ini berasal dari tautan berikut ini. (finance.detik.com)

  • Share