Search

Hadiri Rakernas Gakoptindo 2023, Mendag Zulhas Berikan Tiga Pesan Penting

  Dengarkan Berita Ini

Hadiri Rakernas Gakoptindo 2023, Mendag Zulhas Berikan Tiga Pesan Penting

Mendag Zulhas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gakoptindo 2023 di Jakarta, Rabu (1/2/2023). (Dok.Humas Kemendag)

AKURAT.CO Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menyampaikan tiga pesan penting kepada seluruh pengurus Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo).

Pesan tersebut disampaikan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gakoptindo 2023 di Jakarta, Rabu (1/2/2023).

“Arahan saya, pertama, agar Gakoptindo terus memperkuat peran dan kelembagaan Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia (Kopti) di seluruh daerah. Kedua, agar Gakoptindo mampu menjadi wadah dan fasilitator bagi perajin tahu dan tempe. Ketiga, agar Gakoptindo terus mendukung upaya pemerintah dalam menjaga pasokan dan harga kedelai bagi perajin tahu dan tempe di seluruh wilayah Indonesia,” kata Mendag Zulhas.

Mendag menekankan, Gakoptindo dan Kopti adalah mitra penting pemerintah dalam memenuhi kebutuhan tempe dan tahu masyarakat. Untuk itu, kebutuhan tempe dan tahu perlu disikapi serius.

“Koperasi produsen tempe dan tahu ini penting karena menyangkut urusan orang banyak. Bahkan ini sangat penting,” kata Mendag.

Pemerintah terus berupaya menyediakan bahan baku kedelai dengan harga yang terjangkau bagi perajin tahu dan tempe sehingga dapat mengurangi beban perajin dalam berproduksi.

Salah satu yang telah dilakukan adalah Kemendag menyalurkan Bantuan Penggantian Selisih Harga Pembelian Kedelai pada 2022 yang berdampak positif dalam meredam kenaikan harga kedelai di tingkat perajin tahu dan tempe.

Tampak hadir dalam Rakernas Gakoptindo tersebut Ketua Gakoptindo Aip Syarifudin dan Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi.

Penulis: Herry Supriyatna


** Tulisan ini berasal dari tautan berikut ini. (akurat.co)

  • Share