Search

"Desain yang Baik, Berdampak Baik" tema dari anugerah GDI 2023

  Dengarkan Berita Ini

"Desain yang Baik, Berdampak Baik" tema dari anugerah GDI 2023

Penganugerahan berskala nasional untuk desain, Good Design Indonesia (GDI) 2023 (ANTARA/Ho/Kementerian Perdagangan)

"Di tengah berbagai permasalahan mendesak yang tengah dihadapi dunia, desain haruslah hadir sebagai bagian dari solusi yang dapat menguntungkan kemanusiaan dan lingkungan."

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menggelar penganugerahan berskala nasional untuk desain, Good Design Indonesia (GDI) 2023 dengan tema besar "Desain yang Baik, Berdampak Baik".

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi menyampaikan, Kemendag ingin melihat seberapa jauh desain dapat menjadi bagian dari solusi terhadap permasalahan lingkungan yang dihadapi dan apa saja inovasi yang telah dihasilkan para desainer untuk menjawab permasalahan-permasalahan tersebut.

"Di tengah berbagai permasalahan mendesak yang tengah dihadapi dunia, desain haruslah hadir sebagai bagian dari solusi yang dapat menguntungkan kemanusiaan dan lingkungan. Kami percaya, desain yang baik adalah desain yang bertanggung jawab, matang, kreatif, inovatif dan yang terpenting dapat memberikan dampak positif pada semua," kata Didi melalui siaran resminya di Jakarta, Selasa.

Menurut Didi, ancaman dampak perubahan iklim dan menipisnya sumber daya alam mengharuskan memikirkan ulang berbagai hal yang sudah dihasilkan melalui desain selama ini. Pesatnya perkembangan budaya industri harus diseimbangkan dengan kebijakan produksi yang berlandaskan desain berkelanjutan.

"Desain, sebagai sektor yang telah sangat melekat pada aktivitas produksi manusia, harus dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk membuat kehidupan menjadi lebih baik," ujar Didi.

Pemenang GDI 2023 akan mendapatkan fasilitas untuk turut serta pada ajang Good Design Award (GDA) di Jepang dengan masuk tahap kedua penyaringan. Selain itu, pemenang juga berkesempatan mendapatkan publikasi dan promosi di dalam dan luar negeri.

Kategori pemenang terdiri atas tiga kategori, yaitu Good Design, Best Design dan GDI of The Year. Selain itu, semua produk pemenang GDI juga menerima sertifikat pemenang.

Pada tahun ini ajang GDI terbagi dalam 17 kategori. Kategori tersebut terdiri atas aksesori dan dapat dipakai, produk perawatan diri, alat tulis dan hobi, perlengkapan rumah tangga, peralatan rumah, peralatan teknologi informasi komunikasi audio dan video, perlengkapan dan fasilitas manufaktur medis, perlengkapan perumahan, furnitur/perlengkapan dan fasilitas kantor dan publik, produk mobilitas, perumahan kecil, perumahan sedang dan besar, konstruksi; fasilitas publik, konstruksi sipil, dan lanskap; layanan dan sistem, serta inisiatif dan aktivitas daerah.

Periode pendaftaran peserta GDI dibuka pada 20 Januari-15 April 2023. Selanjutnya proses penjurian terdiri atas penjurian pertama yang akan dimulai 9-10 Mei 2023 dan penjurian kedua akan dilaksanakan pada 6-8 Juni 2023. Sedangkan penganugerahan pemenang GDI 2023 akan dilaksanakan pada November 2023.

Penulis: Maria Cicilia Galuh Prayudhia

** Tulisan ini berasal dari tautan berikut ini. (antaranews.com)

  • Share