Search

Delegasi RI Bakal Berpartisipasi Aktif dalam Negosiasi di KTM ke-13 WTO

  Dengarkan Berita Ini

Delegasi RI Bakal Berpartisipasi Aktif dalam Negosiasi di KTM ke-13 WTO

Delegasi Indonesia bakal berpartisipasi aktif dalam negosiasi demi mendorong tercapainya kesepakatan di KTM13 WTO Sumber: Ist

ABU DHABI, investor.id – Konferensi Tingkat Menteri ke-13 (KTM13) Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), telah dimulai secara resmi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Pada konferensi yang berlangsung pada 26-29 Februari 2024 tersebut, delegasi Indonesia bakal berpartisipasi aktif dalam negosiasi demi mendorong tercapainya kesepakatan WTO untuk atasi tantangan global.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Djatmiko Bris Witjaksono yang memimpin Delegasi Indonesia mewakili Menteri Perdagangan (Mendag) RI, bahwa Delegasi Indonesia akan berpartisipasi aktif negosiasi di KTM ke-13 WTO. Indonesia berharap dapat mencapai kesepakatan yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi seluruh anggota WTO, khususnya negara berkembang.

“Upaya ini akan memberikan solusi konkret dalam penanganan krisis global untuk mempunyai sejumlah isu prioritas pada KTM ke-13 WTO, yang meliputi pertanian, perikanan, moratorium dan program kerja E-Commerce, reformasi sistem penyelesaian sengketa, dan isu pembangunan,” ungkapnya dalam keterangan pers, Senin (26/2/2024).

Menurut Djatmiko, bersama dengan anggota WTO lainnya, Delegasi Indonesia akan merundingkan berbagai isu strategis dalam upaya peningkatan perdagangan global dan perwujudan pembangunan berkelanjutan.

Di lain pihak, lanjut dia, penyelenggaraan KTM13 tidak terlepas dari berbagai tantangan eksternal global seperti konflik geopolitik, krisis hutang luar negeri, krisis pangan dan energi, serta dampak perubahan iklim. Untuk itu, WTO perlu melakukan terobosan dan meraih kesepakatan yang dapat berkontribusi dalam penyelesaian berbagai permasalahan tersebut.

Sementara itu Dubes RI Abu Dhabi Husin Bagis berharap, Konferensi Tingkat Menteri ke-13 WTO ini dapat kesepakatan yang bermanfaat bagi semua pihak. Lebih utama lagi adalah, perjuangan diplomasi Indonesia utamanya difokuskan untuk memperjuangkan kepentingan nasional serta rakyat Indonesia.

Dubes Husin Bagis juga berharap agar dengan suasana yang kondusif dan nyaman di Abu Dhabi para anggota Delegasi Indonesia bisa optimal mencapai tujuan nasional Indonesia. “KBRI Abu Dhabi akan mendukung penuh delegasi Indonesia dalam melaksanakan amanah bangsa dan negara” imbuh Dubes Bagis.

Penulis : Indah Handayani


** Tulisan ini berasal dari tautan berikut ini. (investor.id)

  • Share