Search

ASEAN – Jepang Bahas Pertumbuhan Ekonomi Kawasan

  Dengarkan Berita Ini

ASEAN – Jepang Bahas Pertumbuhan Ekonomi Kawasan

PERTEMUAN KTT ASEAN, Presiden Jokowi bersama PM Jepang, Kishida./

TOKYO, Bisnistoday – Presiden RI Joko Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) sebagai Ketua Delegasi RI dan Ketua ASEAN periode 2023. Dalam KTT, mengemuka upaya memajukan kerja sama ASEAN–Jepang di berbagai sektor.

Upaya tersebut ditandai dengan disepakatinya Visi Bersama Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang serta Rencana Kerja Implementasi Visi ASEAN-Jepang, yang di dalamnya juga mencakup isu penting dalam pilar ekonomi.

“Pada KTT ini, para kepala negara dan kepala pemerintahan juga membahas berbagai inisiatif yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi kawasan,” ujar Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan RI Djatmiko Bris Witjaksono yang mewakili Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan pada KTT tersebut.

“Sejumlah inisiatif secara khusus mengenai kerja sama transisi energi, dukungan kemitraan dalam pengembangan baterai dan ekosistem kendaraan listrik, peningkatan investasi Jepang untuk mendorong infrastruktur dan konektivitas, daya tahan pada rantai pasok kawasan, dorongan kepada pemanfaatan kemitraan ekonomi komprehensif regional (RCEP), serta peningkatan kapasitas untuk transformasi digital usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).”

Sehari sebelum KTT, Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan sambutan secara virtual dalam ASEAN—Japan Economic Co-Creation Forum pada Sabtu (16/12). Forum tersebut diselenggarakan Pemerintah Jepang dan Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA).

Forum ini digelar untuk membahas kerja sama ekonomi digital antara ASEAN dan Jepang. Mendag Zulkifli Hasan pun menegaskan dukungannya terhadap inisiatif co-creation yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk mengembangkan perekonomian baru berbasis teknologi dan inovasi.

Sementara itu, Direktur Perundingan ASEAN Kemendag RI Dina Kurniasari menyampaikan, upaya meningkatkan pemanfaatan ekonomi digital dan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan telah diusung melalui ASEAN Digital Economy Framework Agreement (DEFA) sebagai prioritas eonomi dalam Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini.

“Selain itu, perundingan ekonomi digital menjadi isu baru dalam berbagai perundingan upgrading di internal ASEAN dan ASEAN+1. ASEAN dan Jepang juga telah mengesahkan Future Design and Action Plan untuk memperkuat cyber-physical connectivity,” ungkap Dina saat menjadi panelis dalam forum kali ini.

Kegiatan Terakhir Keketuaan ASEAN

KTT Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang, atau ASEAN—Japan Commemorative Summit for the 50th ASEAN-Japan Friendship and Cooperation, merupakan kegiatan terakhir keketuaan Indonesia di ASEAN.

Kegiatan yang berlangsung pada Minggu (17/12) di Tokyo ini, dihadiri 12 kepala negara dan kepala pemerintahan dari negara-negara anggota ASEAN, Timor-Leste, dan Jepang. Kegiatan tersebut menandai kerja sama antara ASEAN dan Jepang yang telah berlangsung selama 50 tahun.

“KTT ASEAN-Jepang ini juga merupakan kegiatan besar terakhir keketuaan Indonesia di ASEAN,” ujar Menlu Retno dalam keterangannya pada Sabtu (16/12) lalu. Presiden Jokowi, PM Kishida, bersama para pemimpin negara anggota ASEAN lainnya melakukan sesi foto bersama. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi tampak berdiri diantara PM Kishida dan PM Vietnam Pham Minh Chinh.

Usai foto bersama, Presiden Jokowi dan para pemimpin negara lainnya bersama-sama masuk ke ruang pertemuan untuk menghadiri KTT Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pun mengatakan bahwa Presiden Jokowi akan memimpin bersama jalannya KTT mengingat Indonesia masih memegang keketuaan ASEAN.

Penulis: har

** Tulisan ini berasal dari tautan berikut ini. (www.beritasatu.com)

  • Share