Search

Anak-Anak Dididik Menjadi Konsumen Cerdas

  Dengarkan Berita Ini

Anak-Anak Dididik Menjadi Konsumen Cerdas


KEMENDAG gelar lomba menggamba bagi anak-anak./

DEPOK, Bisnistoday– Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) mengedukasi anak-anak untuk menjadi konsumen yang kritis dan cerdas melalui lomba menggambar, mewarnai, dan membuat poster. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) PKTN Moga Simatupang saat meninjau kegiatan tersebut di Trans Studio Mall Cibubur, Depok, Jawa Barat, hari ini, Sabtu (20/4).

“Lomba yang diselenggarakan masih merupakan rangkaian Festival Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2024. Lomba diikuti 189 anak-anak berusia 7—16 tahun dari berbagai sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di kawasan Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta dan sekitarnya. Lomba ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi tentang perlindungan konsumen bagi anak-anak sehingga mereka dapat memahami konsep konsumen kritis sejak dini. Anak-anak yang teredukasi dan terlatih akan menjadi konsumen cerdas pada kemudian hari,” ujar Moga.

Moga mengungkapkan, pemerintah memandang pentingnya program edukasi konsumen untuk diintegrasikan ke dalam dunia pendidikan. Program edukasi konsumen dapat dimulai dari pendidikan di tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi sehingga internalisasi nilai-nilai perlindungan konsumen dapat dilakukan sejak usia dini. Ini sejalan dengan misi pemerintah dalam membentuk generasi yang cerdas dalam bertransaksi.

Menurut Moga, anak-anak yang cerdas dapat melindungi diri serta keluarga mereka dari produk yang tidak aman dan tidak berkualitas. Hal itu dapat turut meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hak dan kewajiban konsumen. Masyarakat akan lebih selektif dalam memilih produk dan layanan yang akan mendorong pelaku usaha untuk jujur dan bertanggung jawab.

“Konsumen yang cerdas dapat memilih produk atau jasa yang berkualitas. Sehingga, dunia usaha akan bertumbuh. Produsen dan pelaku usaha akan semakin termotivasi dalam meningkatkan mutu dan keamanan barang atau jasa yang diperdagangkan di masyarakat,” ujar Moga.

Konsumen Kritis dan Cerdas

Lomba menggambar dan membuat poster kali ini mengangkat tema Harkonas 2024, yaitu Konsumen Kritis dan Cerdas dalam Bertransaksi. Sebagai simbol dan representasi perdagangan, gambar warung dan pasar swalayan dipilih menjadi objek utama untuk lomba mewarnai. Para pemenang lomba mendapatkan piala dan sejumlah uang tunai.

Juara pertama lomba menggambar diraih Amellia Cristine dari SD Dian Harapan. Rahma Nabila Zahrani dari SD Islam Al Azhar mengikuti sebagai juara kedua. Selanjutnya, Aurel Qoireen Najwa Mubarok dari SD Negeri Rawa Badak Utara 15 mendapatkan juara ketiga dan Mikayla Catur dari SD Negeri Cempaka Putih memenangkan juara harapan pertama.

Kemudian, juara pertama lomba mewarnai dimenangkan Khanza Syawal dari Madrasah Ibtidaiyah An Nur. Juara kedua direbut Meteora Anamolly dari SD Negeri Utan Jaya. Juara ketiga diraih Clairyne Athalie dari SD CIS dan Adzika Zhalifa dari SD Pakuan berhasil mendapatkan juara harapan pertama.

Adapun juara pertama lomba membuat poster diraih Malika Alya Salsabila dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 41 Jakarta. Juara kedua direbut Aisyah Nasywa Nayla dari SMP Negeri 81 Jakarta. Juara ketiga diamankan Dinda Akhsanti Amalia dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 22 Jakarta./

Penulis: Tito


** Tulisan ini berasal dari tautan berikut ini. (bisnistoday.co.id)

  • Share