Plt. Direktur Pengembangan Ekspor Produk Manufaktur, Ganef Judawati membuka webinar dengan tema “Peningkatan Daya Saing Ekspor Produk Kosmetik Melalui Sertifikasi Halal” pada Jumat (16 Juni).
Ganef menyampaikan, program sertifikasi halal merupakan bentuk komitmen Kemendag dalam meningkatkan daya saing ekspor produk kosmetik. Pasar kosmetik halal global memiliki potensi tinggi, yakni mencapai angka USD 30,3 miliar dan diperkirakan akan terus meningkat.
Webinar dihadiri oleh para pelaku usaha di sektor kosmetik serta perwakilan kementerian/lembaga terkait dan dinas perindustrian dan perdagangan dari seluruh Indonesia.
Narasumber webinar ini yaitu Subkoordinator Standar Produk Kemasan dan Non-Kemasan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Evy Nuryana dan Kasubbag Jasa Halal PT Sucofindo, Juli Permana.
Pada program fasilitasi kali ini, PT Sucofindo ditunjuk sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang akan memberikan bimbingan teknis dan konsultasi untuk pelaku usaha terpilih hingga sertifikat halal dapat diterbitkan oleh BPJPH.
Saat ini, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional membuka kesempatan bagi para pelaku sektor kosmetik untuk dapat mengikuti seleksi fasilitasi sertifikasi halal. Pendaftaran program ini dibuka hingga 25 Juni 2023 melalui tautan https://www.kemendag.go.id/s/HalalKosmetik2023.