Search

Wamendag Tinjau Perkembangan Manyar Smelter Project di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik

  Dengarkan Berita Ini


Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mendampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meninjau perkembangan Manyar Smelter Project milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, Kamis (2 Feb). Turut hadir Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita dan Presiden Direktur PTFI, Toni Wenas.

Menko Airlangga mengungkapkan bahwa perkembangan Manyar Smelter Project saat ini telah mencapai 51,7 persen sesuai dengan kurva-S yang telah disetujui pemerintah. Pemerintah optimistis bahwa konstruksi akan rampung tepat waktu pada Desember 2023.

Selanjutnya, Wamendag mengatakan bahwa pemerintah mengapresiasi dan terus mendorong proses pembangunan Manyar Smelter Project milik PTFI sebagai upaya akselerasi hilirisasi industri atau menciptakan nilai tambah pada produk tambang. Strategi mengekspor barang setengah jadi dan barang jadi diharapkan dapat menjaga pertumbuhan ekonomi nasional.

Setelah meninjau Manyar Smelter Project milik PTFI, acara dilanjutkan dengan rapat di Kantor Pengelola KEK Gresik atau Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) dan selanjutnya di PT Petro Oxo Nusantara (PON).

Rapat tersebut membahas kondisi terkini masing-masing KEK Gresik dan PT PON, serta mengulas bentuk dukungan pemerintah untuk meningkatkan kinerja, baik KEK Gresik maupun PT PON.

.