Kementerian Perdagangan memanfaatkan partisipasi Indonesia dalam Expo 2025 Osaka sebagai ajang promosi produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia di area rolling exhibition Paviliun Indonesia, pada 9—15 Juni 2025. Sejalan dengan tema besar Expo 2025 Osaka “Future Society for Our Lives” yang berfokus pada masa depan yang berkelanjutan, Kementerian Perdagangan menggandeng 15 pelaku usaha yang mayoritas adalah UMKM untuk menampilkan produk unggulan yang mengusung nilai-nilai berkelanjutan.
Wakil Menteri Perdagangan RI Dyah Roro Esti Widya Putri mengatakan, kesempatan ini akan membantu pengunjung Paviliun Indonesia mengenal lebih dekat produk-produk Indonesia tersebut dan mendorong peluang bagi pelaku usaha Jepang untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan pelaku usaha Indonesia ke depannya.
Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Fajarini Puntodewi mengatakan bahwa dengan strategi promosi ini, para pengunjung dapat langsung mengajukan pertanyaan atau inquiry kepada pelaku usaha, jika memiliki pertanyaan terkait produk ataupun berminat menjalin kerja sama.
Pelaku usaha peserta pameran dari sektor produk bahan bangunan yaitu PT Miko Bahtera Nusantara, PT Peduli Alam Nusantara, dan PT Siklus Karya Global. Selanjutnya dari sektor mamin yaitu PT Supa Surya Niaga, CV Tri Anom Agrotektur, PT Lemonilo Indonesia Sehat, PT Ladang Sehat Indonesia, PT Kultiva Indonesia Makmur, PT Bukit Sair, dan Kalbe Nutritionals – Fitbar. Kemudian dari sektor fesyen ada PT Calla Moda Studio, PT Bisma Estetika Indonesia, dan PT Javani Narutala Indonesia.
Para pelaku usaha juga diberi kesempatan melakukan presentasi produk di Paviliun Indonesia. Adapun sesi presentasi produk dibagi selama dua hari, yakni pada 12—13 Juni 2025. Pada 12 Juni 2025, presentasi produk dilakukan oleh peserta dari sektor bahan bangunan dan mamin yang berkelanjutan. Sementara pada 13 Juni 2025, presentasi dilakukan oleh peserta sektor fesyen.
.