Search

Wamendag pada CNBC Indonesia Economic Outlook 2024

  Dengarkan Berita Ini


Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menjadi pembicara pada CNBC Indonesia Economic Outloook 2024 yang berlangsung di The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (29 Feb).

Wamendag Jerry mengatakan, beberapa program yang menjadi prioritas Kementerian Perdagangan pada tahun 2024 antara lain revitalisasi pasar rakyat, kemitraan dan pemberdayaan UMKM, serta peningkatan peran perwakilan perdagangan di luar negeri untuk mendorong kinerja ekspor nonmigas.

Revitalisasi pasar rakyat tidak hanya revitalisasi secara fisik, tapi juga pengelolaannya, sehingga dapat meningkatkan peran pasar rakyat sebagai pusat ekonomi lokal. Melalui peran penting pasar rakyat, Kementerian Perdagangan berupaya menjaga distribusi dan perdagangan barang kebutuhan pokok agar harga dan stoknya tetap terjaga.

Lebih lanjut, Wamendag mengatakan bahwa Kementerian Perdagangan juga akan meningkatkan kemitraan UMKM dengan ritel modern, lembaga pembiayaan, dan lokapasar.

Wamendag menegaskan bahwa Kementerian Perdagangan akan terus mendorong ekspansi ekspor nonmigas ke kawasan nontradisional, seperti Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan, Eurasia, dan Amerika Latin melalui peran para perwakilan perdagangan di luar negeri.

Untuk menjalankan program tersebut, dibutuhkan komitmen seluruh pemangku kepentingan untuk memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan. Kata kuncinya hanya dua, yaitu kerja sama dan kolaborasi. (apn)