Wakil Menteri Perdagangan, Dyah Roro Esti melakukan kunjungan ke beberapa UMKM di Lombok Tengah dan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat (13 Des). UMKM yang dikunjungi yaitu PT Pinalo Eco Fiber Indonesia, PT Organic Lombok Indonesia, Lombok NTB Pearl, dan NTB Mall.
Pada kunjungan ke beberapa UMKM ini, Wamendag Roro menegaskan bahwa Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk terus mendukung UMKM Indonesia agar makin dikenal, baik secara nasional maupun internasional.
Komitmen tersebut diimplementasikan dengan berbagai terobosan yang dilakukan Kementerian Perdagangan, mulai dari penyediaan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha, fasilitasi promosi di pameran dagang nasional dan internasional, hingga perluasan akses pasar melalui kerja sama perdagangan.
Lebih lanjut, Wamendag menegaskan bahwa Kementerian Perdagangan siap membantu para pelaku UMKM untuk go export. Ada 46 perwakilan dagang di luar negeri, baik Atase Perdagangan maupun ITPC yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk lokal di luar negeri.
Lebih lanjut, Wamendag menegaskan bahwa Kementerian Perdagangan siap membantu para pelaku UMKM untuk go export. Ada 46 perwakilan dagang di luar negeri, baik Atase Perdagangan maupun ITPC yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk lokal di luar negeri.
Wamendag berharap, UMKM Indonesia dapat makin berdaya saing dan mampu menembus pasar ekspor. Selain itu, pentingnya peningkatan produktivitas UMKM dalam menciptakan inovasi dan nilai tambah produk. Dengan begitu, produk UMKM diharapkan dapat memenuhi permintaan pasar luar negeri. (apn)