Search

Sosialisasi Kecintaan Produk Dalam Negeri di Sulawesi Utara

  Dengarkan Berita Ini


Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menjadi pembicara pada Sosialisasi Produk Dalam Negeri Kepada Masyarakat Melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang berlangsung di Yama Resort, Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Kamis (8 Feb).

Wamendag Jerry mengatakan bahwa pemerintah saat ini tengah gencar mendorong pelaku UMKM agar dapat melek digital. Para pelaku usaha, baik skala mikro maupun menengah besar, diharapkan dapat memperluas promosi produk, sehingga dapat bersaing di pasar lokal dan global. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu melalui kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, pelaku usaha diharapkan selalu berinovasi dalam mengembangkan kualitas produk, mampu mengikuti tren pasar, dan dapat beradaptasi di era digitalisasi saat ini. Ke depan, produk Indonesia diharapkan dapat dikenal, digunakan, dan dicintai, tidak hanya oleh masyarakat Indonesia, tetapi oleh masyarakat global.

Lebih lanjut, Wamendag mengatakan bahwa Kementerian Perdagangan terus mendukung dan mendorong pengembangan produk unggulan Indonesia melalui berbagai program kegiatan pembinaan, pelatihan, dan pendampingan untuk meningkatkan kualitas produk. Selain itu, hal tersebut dilakukan melalui pengembangan kapasitas SDM, kapasitas bisnis, hingga perluasan akses pemasaran, serta optimalisasi pemanfaatan perwakilan perdagangan RI di luar negeri untuk mempromosikan dan menggenjot ekspor produk Indonesia.

Melalui kegiatan ini, Kementerian Perdagangan terus mendorong pelaku UMKM di seluruh Indonesia, khususnya pelaku UMKM di Kabupaten Minahasa, agar terus berinovasi dan adaptif terhadap perubahan teknologi, sehingga dapat bersaing hingga ke pasar global.

Wamendag berharap, pelaku usaha di Kabupaten Minahasa dapat terus berinovasi, sehingga dapat mewujudkan pelaku usaha yang tangguh dan responsif dalam menghadapi dinamika persaingan dan terus berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. (apn)