Search

Sosialisasi Kebijakan Sistem Resi Gudang dan Pasar Lelang Komoditas di Sulawesi Utara

  Dengarkan Berita Ini


Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menjadi pembicara pada Sosialisasi Kebijakan Sistem Resi Gudang (SRG) dan Pasar Lelang Komoditas (PLK) dengan tema “Meningkatkan Literasi Stakeholders Tentang Kebijakan SRG dan Pasar Lelang Komoditas PLK” yang berlangsung di Hotel Mercure, Tateli, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Jumat (9 Feb).

Wamendag Jerry mengatakan bahwa Kementerian Perdagangan terus mendorong pengamanan dan penguatan pasar dalam negeri. Hal tersebut dilakukan dengan membenahi sistem distribusi yang menunjang daya saing Indonesia, perbaikan iklim investasi, peningkatan ekspor, pemberdayaan UMKM, dan perlindungan konsumen.

Salah satu upaya yang terus dikembangkan oleh Kementerian Perdagangan melalui Bappebti yaitu instrumen Sistem Resi Gudang (SRG) dan Pasar Lelang Komoditas (PLK). SRG dan PLK diharapkan dapat memainkan peran lebih dalam menciptakan efisiensi mata rantai perdagangan, sarana pembentukan harga yang transparan, dan referensi harga komoditas. Di samping itu, instrumen ini dapat memberikan pilihan bagi petani dan UMKM dalam menunjang manajemen pasokan dan membuka akses pembiayaan.

Lebih lanjut Wamendag mengatakan, untuk mengembangkan instrumen SRG dan PLK secara berkelanjutan, Kementerian Perdagangan memerlukan kolaborasi dan dukungan berbagai pemangku kepentingan, termasuk dari Provinsi Sulawesi Utara.

Wamendag mengajak berbagai pihak untuk bersatu dalam meningkatkan kerja sama, kolaborasi, dan sinergi yang lebih optimal dalam memanfaatkan instrumen SRG dan PLK. Implementasi instrumen ini akan dapat terlaksana dengan baik yang akan membawa manfaat bagi masyarakat luas dan perekonomian nasional. (apn)