Search

Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN (AEM) Retreat ke-30

  Dengarkan Berita Ini


Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Djatmiko Bris Witjaksono, mewakili Menteri Perdagangan menghadiri Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN (AEM) Retreat ke-30 di Luang Prabang, Laos, Sabtu (9 Mar).

Mengawali pertemuan AEMR ke-30, para menteri bertemu dengan ASEAN Business Advisory Council (ABAC) untuk berdiskusi dalam upaya meningkatkan kolaborasi dengan pelaku usaha guna penguatan integrasi ekonomi kawasan.

Salah satu capaian pertemuan antara lain menyepakati pengesahan capaian prioritas ekonomi Keketuaan Laos untuk ASEAN dan mencatat berbagai perkembangan perundingan dan kerja sama. Pada pertemuan ini, Indonesia mendapatkan apreasiasi atas keberhasilan keketuaan tahun lalu.

Sehari sebelumnya, Jumat (8 Mar), diadakan Pertemuan Persiapan SEOM untuk AEM Retreat (AEMR) ke-30 yang dipimpin oleh Direktur Perundingan ASEAN, Dina Kurniasari. Para SEOM memfinalisasi agenda dan dokumen yang akan dibahas para menteri.

Sebagai negara koordinator RCEP, Direktur Perundingan ASEAN selaku Ketua Komite Gabungan RCEP melaporkan perkembangan implementasi persetujuan RCEP.

Pada hari yang sama, para menteri dan seluruh delegasi menikmati jamuan makan malam dengan diiringi tarian budaya negara Laos.