Search

Pertemuan Kedua G20 Trade and Investment Working Group (TIWG)

  Dengarkan Berita Ini


Direktur Perundingan Antar Kawasan dan Organisasi Internasional, Reza Pahlevi Chairul mewakili Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional memimpin Delegasi Indonesia pada Pertemuan Kedua G20 Trade and Investment Working Group (TIWG) yang dilaksanakan di Brasilia, Brasil, pada 24–25 April 2024.

Pertemuan kedua G20 TIWG ini mendiskusikan empat agenda prioritas. Pertama, perdagangan dan pembangunan berkelanjutan. Kedua, peningkatan peran wanita dalam perdagangan internasional. Ketiga, dukungan integrasi perjanjian investasi internasional dengan pembangunan berkelanjutan. Keempat, reformasi World Trade Organization (WTO) dan penguatan sistem perdagangan multilateral.

Indonesia mendukung inisiatif Presidensi G20 Brasil untuk meningkatkan kontribusi perdagangan dalam pencapaian pembangunan berkelanjutan pada dimensi ekonomi, sosial, dan lingkungan secara lebih berimbang. Hal tersebut dipandang selaras dengan Deklarasi Konferensi Tingkat Menteri (KTM) ke-13 WTO di Abu Dhabi pada Maret 2024.

Rangkaian Pertemuan G20 TIWG akan dilanjutkan pada 27–28 Juni 2024 di Rio de Janeiro, Brasil, dengan menitikberatkan pada pembahasan outcome document G20 TIWG yang diusulkan oleh Presidensi Brasil.

.