Search

Pertemuan Intersesi ke-6 Perundingan Indonesia-Tunisia Preferential Trade Agreement

  Dengarkan Berita Ini


Pertemuan Intersesi ke-6 Perundingan Indonesia-Tunisia Preferential Trade Agreement (IT-PTA) diselenggarakan di Tangerang, Banten, pada 17–19 April 2024.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur Perundingan Bilateral Kementerian Perdagangan, Johni Martha dan Delegasi Tunisia dipimpin oleh Director General of Economic and Commercial Cooperation at the Ministry of Trade and Export Development of the Republic of Tunisia, Lazhar Bannour.

Pada pertemuan kali ini, kedua pihak berhasil menuntaskan seluruh pembahasan teks IT-PTA (Trade in Goods), termasuk artikel mengenai imbal dagang dan transposisi perdagangan barang. Selain itu, kedua pihak juga telah menyepakati sebagian besar teks terkait ketentuan asal barang (Rules of Origin).

Sementara, untuk pembahasan akses pasar barang, kedua negara sepakat untuk mempertimbangkan kepetingan ekonomi kedua belah pihak dalam upaya meningkatkan manfaat ekonomi dan kinerja perdagangan bilateral. Kedua pihak juga sepakat agar IT-PTA dapat diselesaikan dan ditandatangani oleh Menteri Perdagangan dari kedua negara pada tahun 2024 ini.