Search

Pertemuan Bilateral Mendag RI dan Mendag Turki

  Dengarkan Berita Ini


Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan Turki, Ömer Bolat. Pertemuan berlangsung di sela-sela rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri ke-3 Komite Perundingan Perdagangan Sistem Preferensi Perdagangan Organisasi Kerja Sama Islam (TPS-OIC) dan Pertemuan Informal Tingkat Menteri D-8 di Istanbul, Turki, Senin (10 Jun).

Pada pertemuan tersebut, dibahas berbagai potensi peluang kerja sama antara Indonesia dan Turki. Mendag Zulkifli Hasan mengharapkan adanya kerja sama di bidang pertahanan dan perdagangan alat utama sistem senjata (alutsista).

Selain alutsista, peluang kerja sama dengan Turki juga dapat ditingkatkan melalui investasi Turki dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Indonesia dan Turki memiliki potensi perdagangan yang masih dapat dimanfaatkan. Indonesia ingin meningkatkan ekspor sawit, karet, besi dan baja, batubara, kertas, dan produk lainnya yang dibutuhkan oleh Turki.

Di sisi lain, Turki juga menyampaikan harapan untuk meningkatkan jumlah penerbangan langsung dalam rangka memfasilitasi interaksi antardunia usaha yang lebih intens, dan peningkatan kerja sama bidang halal baik dalam kerangka bilateral maupun OKI.

Pada pertemuan ini, Mendag RI didampingi Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Djatmiko Bris Witjaksono; Duta Besar RI Ankara; Achmad Rizal Purnama; dan Konsul Jenderal RI Istanbul, Darianto Harsono.