Search

Peresmian Pasar Rakyat dan Tematik Ketidur, Mojokerto

  Dengarkan Berita Ini


Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan bersama Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari dan Sekretaris Jenderal Kemendag, Suhanto meresmikan Pasar Rakyat dan Tematik Ketidur, Mojokerto, Jawa Timur, Senin (20 Mar).

Mendag mengatakan, pasar rakyat sangat strategis sebagai urat nadi ekonomi rakyat dan sangat berperan penting untuk memantau harga dan stok barang kebutuhan pokok (bapok).

Mendag menambahkan, pasar rakyat harus masuk ke dalam ekosistem digital, di antaranya melalui bekerja sama dengan lokapasar. Melalui lokapasar, penjualan di pasar rakyat dapat meningkat beberapa kali lipat.

Program revitalisasi pasar rakyat Kemendag mencakup empat aspek, yakni revitalisasi fisik, manajemen, ekonomi, dan sosial budaya. Revitalisasi manajemen pengelola berpedoman pada SNI Pasar Rakyat 8152:2021 dengan mempertimbangkan peningkatan profesionalisme pengelola, pemberdayaan pelaku usaha, serta penerapan standar operasional prosedur.

Kemendag juga melakukan fasilitasi pemanfaatan teknologi informasi di pasar rakyat melalui program Digitalisasi Pasar Rakyat. Pada 2022, terdapat 3.588 pasar rakyat yang telah terdigitalisasi dengan jumlah pedagang yang terdigitalisasi sebanyak 250.062 pedagang.

Pasar Rakyat Ketidur dibangun dengan anggaran pendapatan dan belanja nasional (APBN) berasal dari Dana Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan 2021 senilai Rp4 miliar. Sedangkan Pasar Tematik Ketidur dibangun pada 2022 menggunakan APBD Kota Mojokerto sebesar Rp3,4 miliar.