Search

Penjurian Good Design Indonesia 2020 Tahap II

  Dengarkan Berita Ini


Kementerian Perdagangan menggelar penjurian Good Design Indonesia 2020 Tahap II yang berlangsung di Auditorium Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (BBPPEI), Jakarta, Selasa (16 Jun). Acara tersebut dibuka Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kasan.

Dalam sambutannya, Dirjen PEN mengatakan bahwa penjurian GDI tahap II kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, para peserta yang berasal dari luar wilayah DKI Jakarta dapat mempresentasikan produknya di hadapan Tim Juri secara daring. Selain itu, perwakilan juri Good Design Award dan Observer dari Japan Institute of Design Promotion atau JDP dari Jepang, yang biasanya selalu datang ke Jakarta pada saat penjurian GDI tahap II, tahun ini tetap akan berpartisipasi namun secara virtual.

Dirjen PEN menambahkan bahwa dari 89 total peserta yang lolos penjurian tahap pertama bulan April 2020 lalu, sebanyak 37 peserta akan hadir langsung ke BBPPEI. Sementara itu, 46 peserta lainnya memilih hadir secara daring dengan tetap mengirimkan produk yang diperlombakan ke Jakarta.

Direktur Pengembangan Produk Ekspor, Olvy Andrianita dalam laporannya mengatakan bahwa kehadiran perwakilan juri Good Design Award atau G-Mark pada penjurian GDI tahap II ini merupakan realisasi dari program Pertukaran Juri antara Ditjen PEN sebagai penyelenggara GDI di Indonesia dengan JDP sebagai penyelenggara GDA di Jepang. Ini memperlihatkan bahwa penilaian dan kriteria pemenang GDI sudah sesuai standar global.

Tahun ini, Tim Juri GDI diketuai oleh Jacob Silas Mussry yang merupakan Presiden International Small Business Council (ISBC) Indonesia sekaligus Deputy Chairman - Mark Plus Inc. Sedangkan Anggota Tim Juri terdiri dari Dino Fabriant (Former Chairman Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia/ADPII); Mira Prihatini (Sekretaris Himpunan Desainer Interior Indonesia/HDII, pendiri Mira & Associates); Petty S. Fatimah (Editor in Chief Femina, Editorial Director Prana Group); Pradipto Sugondo (Executive Officer R&D Directorate PT Astra Daihatsu Motor); Rama Soeprapto (Creative Director PT. Parama Bayu Kreasi); Shigeki Fujishiro (Owner Shigeki Fujishiro Design, perwakilan juri Good Design Award/GDA 2020); Tuhu Nugraha Dewanto (Konsultan Pemasaran Digital, Dosen Paska Sarjana LSPR Communication & Business Institute); Jacob Gatot S. (Co-Founder Arcadia Architect & M Bloc Space); dan Olvy Andrianita (Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kemendag).

Pada penjurian GDI tahap II ini, Tim Juri akan menentukan produk-produk ke dalam tiga predikat, yaitu “GDI of the Year”, “GDI Best” dan “Good Design Indonesia”. Khusus bagi pemenang GDI of the Year dan GDI Best, Ditjen PEN akan memfasilitasi untuk mengikuti 2 nd screening GDA tanggal 18-20 Agustus 2020 di Aichi Sky Expo, Jepang, dari sisi kemudahan pendaftaran, pengiriman, pembiayaan dan publikasi melalui GDA Yearbook.