Search

Penganugerahan UKM Pangan Award 2023

  Dengarkan Berita Ini


Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga memberikan penghargaan kepada pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dalam acara Penganugerahan UKM Pangan Award 2023 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang, Banten, Kamis (19 Okt).

Wamendag mengatakan, UKM Pangan Award menjadi bukti Kemendag mengapresiasi pelaku UMKM yang telah berkreasi dan berinovasi menghasilkan produk pangan yang berkualitas dan berdaya saing.

Wamendag menambahkan, peningkatan penggunaan produk dalam negeri dari para pelaku UMKM Indonesia merupakan amanat peraturan perundang-undangan dan tugas yang dimandatkan oleh Presiden kepada seluruh pemangku kepentingan di negeri ini.

Wamendag berharap, kegiatan ini menjadi media promosi dan peningkatan akses pasar yang krusial mengingat pelaksanaannya bersamaan dengan Trade Expo Indonesia.

Terdapat lima kategori produk yang dilombakan pada UKM Pangan Award 2023, yaitu Produk Bumbu Masakan/Bumbu Dapur, Produk Makanan Camilan, Produk Makanan Kemasan Siap Saji, Produk Minuman Kemasan, dan Kategori Khusus (Inovasi Produk Unggulan Daerah). Total pendaftar sebanyak 1.134 pelaku UKM dari 31 provinsi se-Indonesia dengan 723 produk. Dari hasil penjurian tahap pertama, diperoleh 69 produk dari 47 pelaku UKM. Selanjutnya, pada penjurian tahap kedua, ditentukan 10 pemenang dari 5 kategori produk.

.