Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto bersama Duta Besar UEA Jakarta, Abdullah Salem Obeid Al Dhaheri melakukan peluncuran "One Year to Go Indonesia Pavilion at Expo 2020 Dubai" di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (1 Okt).
Mendag menyampaikan bahwa Expo 2020 Dubai merupakan momentum untuk mengingatkan dan menegaskan posisi Indonesia di kancah global sebagai upaya pemulihan pascapandemi Covid-19. Expo 2020 Dubai yang semula direncanakan digelar dalam waktu dekat di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), harus disesuaikan karena pandemi Covid-19 menjadi 1 Oktober 2021 hingga 31 Maret 2022.
Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa partisipasi Indonesia pada Expo 2020 Dubai merupakan bagian dari upaya peningkatan promosi citra, perdagangan, pariwisata, dan investasi Indonesia, khususnya di wilayah Timur Tengah dan dunia pada umumnya.
Partisipasi Indonesia pada Expo 2020 Dubai, merupakan wujud Indonesia Incorporated. Pemerintah dan pihak swasta bersama-sama bergandengan dan bahu-membahu mendukung kesuksesan partisipasi Indonesia pada gelaran tersebut. Saat ini, PT Astra International Tbk telah berkomitmen sebagai sponsor utama Paviliun Indonesia, diikuti PT Gajah Tunggal Tbk, Grup APRIL, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA).
Pada kesempatan ini, Kemendag juga melakukan peluncuran logo dan maskot Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai. Mendag menyerahkan hadiah secara simbolis kepada pemenang desain logo dan maskot Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai. Logo dan maskot terpilih diharapkan dapat menjadi identitas bangsa di ajang dunia, menggambarkan Indonesia masa kini, serta mampu merefleksikan gagasan masa depan.
,