Search

Peluncuran Good Design Indonesia Tahun 2019

  Dengarkan Berita Ini


Pada kesempatan ini juga diselenggarakan temu wicara GDI dengan menghadirkan narasumber yaitu anggota Dewan Juri GDI 2018, Renhata Katili dengan tema Peran Penghargaan Good Design; desainer “Spedagi Bamboo Bike” & “Magno” (Pemenang G-Mark Japan Good Design Gold Award 2018, G-Mark 2008), Singgih Susilo Kartono; desainer Daihatsu (Terios) dengan tema Peran Desain di Industri; dan Good Design Store Japan, Nohara Holdings.

Memasuki tahun ke-3, Direktur Pengembangan Produk Ekspor, Ari Satria menyampaikan bahwa penyelenggaraan GDI 2019 masih bekerja sama dengan Japan Institute of Design Promotion (JDP) dengan menambah kategori penghargaan, dari 6 menjadi 16 kategori pada tahun ini. Ke-16 kategori tersebut, yaitu life products (household items); life products (for healthcare and hobby); life products (daily necessities); life products (kitchen tools and home appliances); information and communication technologies (ICT) equipment; furniture/housing fixtures; mobility; product for medical care and manufacturing; products for shop and public space; housing (personal residence, small-sized apartment, construction method); housing (medium-sized, large-sized housing complex); construction/interior for industry, commercial facilities and public method); media, contents, package; application/system, service, activities; B to B software, system, service, activities; dan activities for the general public.

Good Design Indonesia (GDI) 2019 secara resmi diluncurkan oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Arlinda di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (24/1). Peluncuran ini sekaligus sebagai tanda dibukanya pendaftaran GDI 2019 yang akan berlangsung hingga 24 Maret 2019.

Dalam sambutannya, Dirjen PEN menyampaikan harapannya agar GDI dapat menjadi salah satu ajang bagi desainer produk Indonesia, dalam hal ini para pemenang GDI, untuk “naik kelas” dan mendapat pengakuan bukan hanya di Indonesia namun juga internasional, termasuk melalui partisipasi pada ajang G-Mark di Jepang.

Kegiatan ini turut dihadiri Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Iriana Trimurty Ryacudu; Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor, Marolop Nainggolan; para juri GDI 2018; perwakilan asosiasi di bidang desain; serta para peraih GDI 2017--2018.