Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan secara resmi meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia (Gernas BBI dan BWI) Pelangi Sulawesi dengan tema "Dari Sulawesi Menuju Mancanegara" secara virtual, Kamis (26 Agustus). Peluncuran juga dilakukan secara hibrida di Manado, Sulawesi Utara dan dihadiri oleh Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga.
Dalam sambutannya, Mendag menyampaikan bahwa pada Juli 2021, Kemendag menjadi campaign manager Gernas BBI dan BWI #PelangiSulawesi. Namun, karena perkembangan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia, maka baru dapat diselenggarakan pada 26 Agustus 2021.
Mendag menegaskan, fokus utama dari kampanye Gernas BBI kali ini adalah digitalisasi UMKM. Hingga pertengahan Agustus 2021, lebih dari 15 juta UMKM sudah on-boarding ke platform niaga elektronik. Kemendag optimis target mendorong 30 juta UMKM on-boarding ke platform digital pada akhir 2023 akan tercapai. Hal ini diharapkan dapat memicu kinerja sektor perdagangan dan pemulihan ekonomi nasional.
Pada kesempatan tersebut juga diselenggarakan bincang interaktif antara Mendag dan Menko Marves dengan UMKM se-Sulawesi sekaligus berbelanja produk artisan Sulawesi Utara secara daring.
.
.