Search

Pelepasan Ekspor Produk Makanan Olahan ke Kanada

  Dengarkan Berita Ini


Plh. Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer, Merry Maryati melakukan pelepasan ekspor produk makanan olahan ke Kanada sebanyak 40.000 buah senilai USD 80.000 dari Kawasan Berikat Marunda, Jakarta, pada Jumat (8 Mar).

Pelepasan ekspor ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kesepakatan dagang/MoU antara Exotique Foods Kanada dengan beberapa UKM Indonesia pada gelaran Trade Expo Indonesia ke-38Tahun 2023. Kesepakatan dagang dengan Kanada menargetkan pengiriman sebanyak 5 kontainer/tahun dan ini merupakan pengiriman kedua.

Produk makanan olahan yang diekspor terdiri atas keripik tempe, keripik buah dan sayuran, serta buah-buahan kering dan beku yang merupakan produk dari empat pelaku usaha, yaitu PT Kultiva Indonesia Makmur, PT Menara Pangan Desa, PT Bumi Arjuna Indonesia, dan PT Frootiful Natural.

Dalam sambutannya, Direktur Merry menyampaikan apresiasi atas komitmen dan sinergi dari dari semua pemangku kepentingan, terutama pelaku usaha, sehingga pelepasan ekspor produk makanan olahan ini dapat terlaksana.

Pasar produk makanan dan minuman olahan Kanada cukup besar di mana Kanada merupakan importir ke-8 di dunia. Nilai impor produk makanan olahan Kanada pada tahun 2022 sebesar USD 15,76 miliar. Adapun ekspor produk makanan olahan Indonesia ke Kanada pada tahun 2023 tercatat sebesar USD 26,13 juta.

Kegiatan pelepasan ekspor turut dihadiri oleh perwakilan dari Exotique Foods, Josua; GM PT Sarana Prima Logistindo, Ardias; PT Kultiva Indonesia Makmur, Williams dan perwakilan dari Korman, Virnie.