Search

Partisipasi Indonesia pada Melbourne International Coffee Expo (MICE) 2024 di Australia

  Dengarkan Berita Ini


Kementerian Perdagangan kembali menghadirkan Paviliun Indonesia pada Pameran Melbourne International Coffee Expo (MICE) 2024 yang diselenggarakan di Melbourne Convention and Exhibition Centre (MCEC), Australia, pada 12--14 Mei 2024. Paviliun Indonesia dibuka oleh Duta Besar RI Canberra, Siswo Pramono.

Kehadiran Paviliun Indonesia pada Pameran MICE kali ini merupakan kolaborasi antara Atase Perdagangan RI Canberra, ITPC Sydney, KJRI Melbourne, serta Bank Indonesia Beijing. Kolaborasi tersebut menunjukkan komitmen yang kuat dari berbagai pihak dalam mempromosikan kekayaan kopi Indonesia.

Produk kopi unggulan yang dipamerkan kali ini merupakan jenis roasted beans yang antara lain berasal dari daerah Aceh, Sumatra Utara, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Sejumlah ekshibitor juga menghadirkan kopi yang berasal dari NTT, Sumatra Barat, Jawa Tengah, Bali, Sulawesi Selatan, dan Papua. Jenis kopi yang paling diminati oleh pengunjung di Paviliun Indonesia yaitu Malabar Natural dari Aslan Coffee yang berasal dari Jawa Barat dan kopi asal Jawa Timur dari Opal Coffee.

Selain produk kopi, Paviliun Indonesia juga menampilkan produk kemasan paling inovatif di dunia, yaitu produk sedotan minuman yang terbuat dari rumput laut yang dapat terurai yang diusung oleh PT Ijonesia. Paviliun Indonesia juga membuka peluang kerja sama bisnis yang lebih luas dengan para pengusaha yang bergerak di bidang industri kopi Australia.

Pada hari pertama MICE 2024, para ekshibitor yang tergabung dalam Paviliun Indonesia berhasil mencatatkan potensi transaksi dagang senilai USD 102.000. Sementara pada hari kedua, para ekshibitor Indonesia berhasil memperoleh potensi transaksi sekitar USD 107.000.

Pameran MICE 2024 menyediakan platform untuk pembeli dan distributor internasional guna menjalin kerja sama dengan produsen kopi Indonesia. Pameran tersebut juga menjadi ajang bagi Indonesia untuk memperkuat posisi sebagai salah satu produsen kopi terkemuka di dunia.