Search

Mendag Pada Pertemuan ASEAN Leaders’ Interface with ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC)

  Dengarkan Berita Ini


Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto mendampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mewakili Presiden RI Joko Widodo dalam pertemuan ASEAN Leaders’ Interface with ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) secara virtual di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (26 Juni).

Mendag menyampaikan bahwa pertemuan tersebut membahas sejumlah rekomendasi ASEAN-BAC bagi pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19. Indonesia bersama Pemimpin ASEAN lainnya menyambut baik rekomendasi ASEAN-BAC untuk pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19, terutama mengenai penguatan kerja sama ekonomi digital.

Penguatan ekonomi digital ini dinilai relevan dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi pascapandemi COVID-19 dengan berbagai upaya peningkatan fasilitasi perdagangan untuk mempertahankan dan meningkatkan kelancaran arus perdagangan di tengah kebijakan pembatasan sosial (social-distancing) dan ‘new normal’ yang masih akan terus berlanjut bahkan di masa pascapandemic COVID-19.

Pada pertemuan tersebut, Indonesia menekankan tiga fokus dalam menghadapi gejolak ekonomi akibat pandemi COVID-19, yaitu mendorong kerja sama ekonomi digital melalui pemanfaatan niaga elektronik (e-commerce) untuk meningkatkan daya saing UMKM; meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) untuk memenuhi kebutuhan industri di era Revolusi Industri 4.0; serta Indonesia bersama negara anggota ASEAN lain berkomitmen menyelesaikan perundingan RCEP untuk meningkatkan integrasi ekonomi di kawasan.

,