Menteri Perdagangan, Budi Santoso meluncurkan Program Penguatan Branding dan Kemasan Bagi UMKM Produk Pangan di Kantor Kementerian, Jakarta, Rabu (20 Agt). Kegiatan ini berlangsung pada 20–22 Agustus dan diikuti oleh 300 UMKM produk pangan yang telah terkurasi
Mendag menegaskan bahwa merek menjadi elemen penting dalam pemasaran produk pangan baik di pasar dalam negeri maupun pasar ekspor, karena merek yang kuat mampu membangun kepercayaan di mata konsumen dan menjadi faktor penentu bagi konsumen untuk memilih suatu produk. Oleh karena itu, Program Penguatan Branding dan Kemasan Bagi UMKM Produk Pangan hadir sebagai bentuk dukungan nyata Kemendag untuk mempersiapkan para UMKM produk pangan lokal dalam mengisi pasar domestik dan pasar ekspor yang terus tumbuh.
Mendag meyampaikan bahwa Kemendag terus berkomitmen untuk memberikan dukungan bagi UMKM Pangan Indonesia untuk meningkatkan citra dan daya saing produk sehingga mampu memenangkan pasar dalam negeri dan pasar global. Beberapa UMKM yang telah mengikuti program Penguatan Branding dan Kemasan hasil pendampingan Kemendag, beberapa telah berhasil memasuki gerai ritel modern, seperti Hero, toko oleh-oleh bandara dan gerai ritel lainnya.
Mendag meninjau para UMKM pangan hasil pendampingan penguatan branding dan kemasan yang telah berhasil masuk ke ritel modern dan para UMKM calon peserta baru. Mendag juga mengajak para UMKM pangan untuk memanfaatkan program strategis Kemendag, khususnya perluasan pemasaran produk pangan seperti Pameran Pangan Nusa 2025 pada Oktober mendatang, business matching dan kemitraan dengan ritel modern dan department store, serta program penguatan daya saing, yakni Program Pangan Award dan Penguatan Branding dan Kemasan Produk.
Pada kesempatan tersebut, Mendag didampingi oleh Sekretaris Jenderal, Isy Karim; Inspektur Jenderal, Putu Jayan Danu Putra; Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Fajarini Puntodewi; Sahli Bidang Iklim Usaha dan Pengamanan Pasar, Tommy Andana; Sahli Bidang Manajemen, Tata Kelola, dan Hubungan Antar Lembaga, Susy Herawaty; Sesditjen Perdagangan Dalam Negeri, Bambang Wisnubroto; Direktur Pemasaran Produk dalam Negeri, Dewi Rokhayati; Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik, Sri Sugy Atmanto; Direktur Bina Usaha Perdagangan, Septo Soepriyatno; Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer, Miftah Farid; dan Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Bayu Wicaksono Putro; Kepala Biro Humas, N.M Kusuma Dewi serta dihadiri oleh Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah dan perwakilan dari Kementerian UMKM.
,