Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi menjadi narasumber dalam Bisnis Indonesia Mid Year Economic Outlook 2021 dengan tema "Geliat Sektor E-Commerce Sebagai Penopang Ekonomi di Tengah Pandemi" yang dilaksanakan secara virtual, Rabu (7 Juli).
Mendag mengatakan bahwa kontribusi Ekonomi Digital Indonesia (EDI) masih relatif rendah, tetapi setiap tahun mengalami pertumbuhan. Niaga elektronik menyumbang nilai tertinggi dalam ekosistem Ekonomi Digital Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya frekuensi penggunaan platform niaga elektronik, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan BliBli.
Mendag menambahkan bahwa pemerintah telah membuat regulasi mengenai sistem ekonomi digital berupa PP Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) dan Permendag Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam PMSE.
Indonesia harus membangun ekosistem digital, bukan sekedar memfasilitasi transaksi, tetapi juga produksi, logistik, dan teknologinya dalam menghadapi gelombang baru perkembangan teknologi. Dengan adanya ekosistem digital, kegiatan masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat.
.