Search

Mendag pada ApsaraDB Forward - Alibaba Cloud Data Management Summit

  Dengarkan Berita Ini


Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menjadi pembicara utama pada ApsaraDB Forward - Alibaba Cloud Data Management Summit yang diselenggarakan di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (25 Juli).

Mendag mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh 5 persen di tengah keadaan ekonomi dunia yang melambat. Inflasi Indonesia pada Mei 2023 turun menjadi 4 persen, lebih rendah dibandingkan April 2023 yang sebesar 4,33 persen.

Mendag menyebut, selama pemulihan ekonomi, ekspor menjadi salah satu komponen utama pendorong pertumbuhan ekonomi. Nilai ekspor Indonesia selama 2022 mencapai USD 291,98 miliar dan menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah. Nilai surplus neraca perdagangan juga menjadi rekor baru dengan capaian sebesar USD 54,53 miliar.

Dari sisi ekonomi digital, dalam 5 tahun terakhir, ekonomi digital di Indonesia menunjukkan potensi yang besar dalam kontribusinya bagi perekonomian. Data Indonesia SEA Economy Report 2022 menyebutkan, ekonomi digital Indonesia diprediksi mencapai USD 77 miliar pada 2022 dan diproyeksikan mencapai USD 130 miliar pada 2025.

Pemerintah terus mendorong pemanfaatan potensi ekonomi digital yang lebih besar, salah satunya melalui akselerasi transformasi digital pada sektor perdagangan secara inklusif dan berkelanjutan dengan mendorong kolaborasi.

Mendag berharap, kegiatan ini dapat membentuk sinergi yang kuat antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat untuk menciptakan ekosistem data dan perdagangan digital yang inklusif dan berdaya saing. Mendag juga memberikan apresiasi kepada Alibaba Cloud atas inisiatifnya dalam menggelar acara ini, serta komitmen Alibaba Cloud dalam memajukan teknologi cloud computing dan pengelolaan data di Indonesia.